IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN FIQIH BAB SUJUD SYUKUR DI KELAS VII MTS MAZRO’ATUL HUDA WONORENGGO DEMAK

Handriyanto, Rizqi (2021) IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN FIQIH BAB SUJUD SYUKUR DI KELAS VII MTS MAZRO’ATUL HUDA WONORENGGO DEMAK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (741kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (543kB)
[img] Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (661kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (803kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (819kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (762kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (429kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Kejenuhan belajar yang di alamai oleh para siswa dan siswi di mts mazro’atul huda wonorenggo membuat penulis tertarik untuk meneliti sebab dari permasalahan tersebut, Kejenuhan belajar adalah salah satu kesulitan belajar yang kerap sekali kita temukan. Kejenuhan belajar adalah keadaan mental peserta didik ketika merasakan bosan dan Lelah yang amat sangat sehingga peserta didik enggan melakukan aktifitas belajar. Kejenuhan belajar diartikan sebagai durasi waktu yang digunakan seseorang untuk belajar tapi tidak menghasilkan apa-apa. Sehingga pada akhirnya hanya akan membuang tenaga serta melewatkan pengetahuan yang seharusnya didapatkan. Metode demonstrasi merupakan salah satu metode kontemporer yang biasanya di gunakan para pendidik dalam proses kegiatan belajar mengajar yaitu dengan menyuruh peserta didik untuk memperagakan materi yang sudah di sampaikan oleh guruatau justru gurunya sendiri yang mendemonstrasikannya sendiri. Adapun metode demonstrasi pada penelitian ini di terapkan pada mata pelajaran fiqih bab sujud syukur di mts mazro’atul huda wonorenggo demak dengan tujuan agar siswa dapat lebih memahami isi materi yang di sampaikan oleh pendidik. Maka dari itu penulis menarik judul penelitian yaitu “implementasi metode demonstrasi pada pembelajaran fiqih bab sujud syukur di kelas VII mts mazro’atul huda wonorenggo demak”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan metode demonstrasi pada pembelajaran fiqih bab sujud syukur, untuk mendeskripsikan implementasi metode demonstrasi pada pembelajaran fiqih bab sujud, dan untuk mendeskripsikan evaluasi perencanaan metode demonstrasi pada pembelajaran fiqih bab sujud syukur di kelas VII mts mazro’atul huda wonorenggo demak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah meliputi : 1.) perencanaan metode demonstrasi pada pembelajaran fiqih bab sujud syukur di kelas VII mts mazro’atul huda wonorenggo demak sudah berjalan dengan baik, karena pendidik sudah menysyn rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebelum kegiatan belajar mengajar, 2.) implementasi metode demonstrasi pada pembelajaran fiqih bab sujud syukur beralan ddengan baik dan sesuai dengan RPP yang sudah di susun, 3.) evaluasi perencanaan metode demonstrasi ini peneliti menilai bahwa evaluasi pada pembelajaran ini dirasa sudah sangat baik, dikarenakan dalam penggunaan metode demonstrasi dapat mengatasi kendala dalam pembelajaran yaitu kejenuhan siswa yang dirasa menjadi kendala terbesar ketika pelajaran fiqih hal ini dibuktikan dengan antusiasme siswa ketika pembelajaran menggunakan metode demonstrasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jan 2022 03:29
Last Modified: 12 Jan 2022 03:29
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21486

Actions (login required)

View Item View Item