Rif'an, Muhammad Ali (2014) PENGARUH PERSEPSI DAN INOVASI PEMBIAYAAN PERBANKAN SYARIAH TERHADAP KEMAUAN MASYARAKAT BERTRANSAKSI DI BANK SYARIAH : PEMBIAYAAN MURABAHAH DENGAN SISTEM MUSYARAKAH. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi UNISSULA.
|
Text
Cover.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (146kB) | Preview |
Abstract
Perbankan Syariah adalah Bank yang beroprasi sesuai dengan prinsip prinsip syariat islam. Pada dasarnya operasional perbankan Syariah tidak terlalu jauh dari Bank Konvensional, tetapi pada perbankan Syariah melarang riba, Gharar dll. Perbankan Syariah juga menghimpun dana dari Masyarakat, tetapi menyalurkannya melalui pembiayaan. Salah satu Contohnya adalah pembiayaan murabahah. Dari pembiayaan ini Bank dapat memperoleh pendapatan murabahah sebagai salah satu sumber pendapatan bagi Bank, akan tetapi persepsi dan kepercayaan masyarakat yang mulai menurun memungkinkan Bank harus melakukan suatu inovasi pembiayaan. Penelitian yang berjudul “Pengaruh Persepsi Dan Inovasi Pembiayaan Perbankan Syariah Terhadap Kemauan Masyarakat Bertransaksi Di Bank Syariah (Pembiayaan Murabahah Dengan Sistem Musyarakah)” ini menguji beberapa faktor yang mempengaruhi kemauan masyarakat untuk bertransaksi di Bank Syariah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan data primer berupa kuesioner. Populasi penelitian ini meliputi nasabah Bank Syariah dan masyarakat yang berdomisili disemarang dengan sampel nasabah aktif Bank Syariah serta masyarakat yang beragama islam dan teknik pengambilan sampel secara purphose sampling. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan program spss, dengan alat uji validitas, reliabilitas, Regresi linier berganda, Uji Statistik t, Uji Statistik F dan Uji Koefisien Determinasi (R 2 ). Hasil uji asumsi klasik pada uji Normalitas hasilnya normal, tidak terjadi Multikolonieritas, dan tidak terjadi Heterokedasitas sehingga menunjukan bahwa model linier yang digunakan memenuhi syarat untuk dilakukan uji statistik terhadap model regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Persepsi Masyarakat, Inovasi pembiayaan mempunyai pengaruh signifikan terhadap kemauan Masyarakat untuk bertransaksi. Uji statistik F menunjukan nilai signifikasi F sebesar 0,000 < 0,05 menunjukan keseluruhan variabel independen secara bersama berpengaruh terhadap Kemauan Masyarakat untuk bertransaksi di Bank Syariah. Uji koefisien determinasi menunjukan nilai R sebesar 0,665/66,50% sedangkan sisanya diterangkan oleh faktor lain. Kata-kata Kunci : Bank Syariah, Persepsi Masyarakat, Inovasi Pembiayaan, Kemauan Masyarakat untuk Bertransaksi di Bank Syariah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Fakultas Ekonomi > Akuntansi |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 29 Dec 2015 07:28 |
Last Modified: | 29 Dec 2015 07:28 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/2111 |
Actions (login required)
View Item |