Sobirin, Muhammad (2021) PENGARUH AKTIVITAS MENGHAFAL AL-QUR’AN DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR AL-QUR’AN HADIS SISWA PROGRAM TAHFIZ MAN 1 KUDUS TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
COVER.pdf Download (693kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (668kB) |
|
Text
PUBLIKASI.pdf Restricted to Registered users only Download (602kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (613kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (590kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (990kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (570kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (736kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (793kB) |
|
Text
BAB 6.pdf Restricted to Registered users only Download (624kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (645kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Muhammad Sobirin, Pengaruh Aktivitas Menghafal Al-Qur’an dan Kecerdasan Spiritual terhadap Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadis Siswa Program Tahfiz MAN 1 Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021. Semarang: Program Magister Pendidikan Islam Universitas Islam Sultan Agung, 2021. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas menghafal Al-Quran, kecerdasan spiritual, dan prestasi belajar Al-Qur’an Hadis siswa program tahfiz MAN 1 Kudus. Lebih dari itu juga untuk mengetahui korelasi antara aktivitas menghafal Al-Qur’an dan kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar Al-Qur’an Hadis siswa program tahfiz MAN 1 Kudus. Penedekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan jenis korelasi. Sampel yang digunakan sebanyak 50 dari populasi 200. Teknik samplingnya adalah simple random sampling. Untuk metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dan uji regresi, baik linier dan berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Aktivitas menghafal Al-Qur’an siswa program tahfiz MAN 1 Kudus paling tinggi 90% dari yang diharapkan, dengan rata-rata sebesar 87%. 2) Kecerdasan spiritual siswa program tahfiz MAN 1 Kudus paling sedikit 70% dari yang diharapkan, dengan rata-rata sebesar 87%. 3) Prestasi belajar Al-Qur’an Hadis siswa program tahfiz MAN 1 Kudus tidak sama dengan 90% dari yang diharpapkan, tetapi rata-rata sebesar 88%. 4) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan aktivitas menghafal Al-Qur’an terhadap prestasi belajar Al-Qur’an Hadis siswa program tahfiz MAN 1 Kudus. Korelasi keduanya dalam kategori sedang, yaitu sebesar 0,497. 5) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar Al-Qur’an Hadis siswa program tahfiz MAN 1 Kudus. Korelasinya kategori sedang, yaitu sebesar 0,576. 6)Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara aktivitas menghafal Al-Qur’an dan Kecerdasan spiritual secara simultan terhadap prestasi belajar Al-Qur’an Hadis siswa program tahfiz MAN 1 Kudus. Korelasinya dalam kategori Kuat, yaitu sebesar 0,620. Model persamaan regresi Y^1=47,917+0,227X_1+0,303X_2 .Artinya jika skor aktivitas menghafal Al-Qur’an bertambah 1 poin, maka skor prestasi belajar akan naik 0,227 dan jika skor kecerdasan spiritual bertambah 1 poin, maka skor prestasi belajar akan mengalami kenaikan yang positif sebesar 0,303. Kata kunci: aktivitas menghafal Al-Qur’an, kecerdasan spiritual, prestasi belajar, Al-Qur’an Hadis
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 07 Jan 2022 06:41 |
Last Modified: | 07 Jan 2022 06:41 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/20888 |
Actions (login required)
View Item |