APLIKASI PENGENALAN CANDI GEDONG SONGO MENGGUNAKAN ARCORE DENGAN PLUGIN GOOGLE SCENEFORM BERBASIS ANDROID

SAFITRI, ASNA WIDYA (2020) APLIKASI PENGENALAN CANDI GEDONG SONGO MENGGUNAKAN ARCORE DENGAN PLUGIN GOOGLE SCENEFORM BERBASIS ANDROID. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (683kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (204kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (328kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (770kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (423kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (579kB)
[img] Text
PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)

Abstract

Candi Gedong Songo merupakan salah satu destinasi wisata peninggalan sejarah di Kabupaten Semarang. Media pembelajaran menarik untuk mengetahui informasi Candi Gedong Songo tanpa harus terjun langsung sangat penting karena Gedong songo merupakan peninggalan sejarah. Oleh karena itu, penulis memanfaatkan teknologi Augmented Reality yang dapat menampilkan secara nyata objek candi (3D) agar dapat menarik minat untuk belajar. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan maps, profil, fasilitas, dan penjelasan bagaimana karakteristik masing masing candi. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang memanfaatkan OS Android yang telah menjadi penguasa teknologi masa kini. Dibuat dengan Android Studio untuk pembangunan aplikasi dengan memanfaatkan plugin Google Sceneform, dan Blender untuk pembuatan 3D. Aplikasi dapat berjalan pada device dengan minimal API Level 24, Nougat, version 7.0 . Dan dengan pengujian Black Box menggunakan indicator derajat, waktu, spesifikasi hp dan pencahayaan dapat ditarik kesimpulan bahwa pada derajat 45, spesifikasi pixel yang lebih tinggi dan pencahayaan yang cukup dapat mempercepat ARCore dalam mendeteksi letak untuk menampilkan 3D. Kata Kunci : Android , 3D, Sumber Informasi, Augmented Reality, ARCore

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 15 Apr 2021 07:35
Last Modified: 15 Apr 2021 07:35
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19604

Actions (login required)

View Item View Item