IMPLEMENTASI METODE SOSIODRAMA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDYAAN ISLAM MATERI DINASTI BANI UMAYYAH PELOPOR KEMAJUAN PERADABAN ISLAM DI MTS ISLAM SUDIRMAN JIMBARAN

NURSAID, AHMAT (2020) IMPLEMENTASI METODE SOSIODRAMA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDYAAN ISLAM MATERI DINASTI BANI UMAYYAH PELOPOR KEMAJUAN PERADABAN ISLAM DI MTS ISLAM SUDIRMAN JIMBARAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (95kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (117kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (304kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (872kB)
[img] Text
PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (998kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan salah satu penelitian yang dilakukan oleh penulis untuk mengetahui bagaimana cara mengajar guru agar siswa mampu untuk mencerna pengetahuan-pengetahuan yang telah diberikan, karena tidak semua guru menggunakan metode dalam melaksanakan proses mengajar di dalam kelas, peneliti menggunakan metode sosiodrama karena berkaitan sesuai dengan penelitian agar siswa aktif dalam belajar dan guru memberikan rangsangan yang baik supaya siswa mampu menangkap pembelajaran-pembelajaran yang disampaikan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan deskriptif, penelitian ini menggunakan teknik pengumpul data melalui observasi, wawancara dan dengan menggunakan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaiamana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi. Berdasarkan pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan adanya metode pada saat melaksanakan proses mengajar akan memudahkan guru dalam mengajar dan menjadi lebih efektif, suasana kelas tidak monoton dan siswa menjadi lebih aktif. Dengan adanya metode pembelajaran yang sangat banyak dan bervariasi salah satunya adalah metode sosiodrama semoga dengan adanya metode pembelajaran guru dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang lebih baik. Kata kunci: Metode Sosiodrama, Sejarah Kebudayaan Islam, MTs Islam Sudirman Jimbaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 12 Apr 2021 07:40
Last Modified: 12 Apr 2021 07:40
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19401

Actions (login required)

View Item View Item