EFEKTIVITAS METODE QIRAATI PTPT (PASCA TPQ PROGRAM TAHFIDH) DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDHUL QUR’AN (Studi Kasus di SD Miftahussa’adah Gondosari Gebog Kudus)

MA'ALI, M. IZUL (2020) EFEKTIVITAS METODE QIRAATI PTPT (PASCA TPQ PROGRAM TAHFIDH) DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDHUL QUR’AN (Studi Kasus di SD Miftahussa’adah Gondosari Gebog Kudus). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (484kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (853kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (961kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (423kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)

Abstract

Alqur’an adalah pedoman utama bagi umat islam, bahkan bagi seluruh umat manusia di dunia ini. Di dalam kitab suci tersebut ada berbagai pedoman bagi kita untuk melakukan segala hal di dunia ini. Oleh karena itu setidaknya kita harus bisa membacanya, memahaminya atau lebih baiknya lagi adalah mengahafalkannya. Agar hidup kita menjadi lebih terarah dan teratur, sesuai pedoman yang ada di dalam Alqur’an. Semakin dini kita membaca, memahami atau bahkan menghafalkannya, maka akan lebih cepat pula hidup kita menjadi lebih baik, sesuai dengan yang diperintahkan Allah SWT. SD Miftahussa’adah yang berada di Desa Gondosari Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, sejauh ini adalah satu-satunya SD tingkat anak-anak yang terintegrasi kurikulumnya dengan sistem pendidikan AlQur’an Qiraati. Melalui metode Qiraati PTPT (Pasca TPQ Program Tahfidh), anak-anak di SD Miftahussa’adah dididik, dibimbing dan dibentuk untuk menjadi generasi yang hafal Al-Qur’an, berintelektual tinggi dan berakhlakul karimah sebagaimana akhlak yang diajarkan dalam Al-Quran. Fokus utama yang ada dalam penelitian ini adalah, Bagaimanakah penerapan metode Qiraati PTPT dalam prmbelajaran Tahfidhul Qur'an di SD Miftahussa’adah Gondosari Gebog Kudus. Bagaimanakah pelaksanaan metode Qiraati PTPT dalam pembelajaran Tahfidhul Qur’an SD Miftahussa’adah Gondosari Gebog Kudus. Dan bagaimanakah evaluasi dari pelaksanaan metode Qiraati PTPT dalam pembelajaran Tahfidhul Qur’an SD Miftahussa’adah Gondosari Gebog Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus, dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif yang terdiri atas 3 (tiga) bagian yaitu data reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan penulis, metode Qiraati PTPT yang ditetapkan oleh lembaga Qiraati pusat sangat efektif penerapanya dalam melatih anak didik SD Miftahussa’adah untuk menghafalkan Al-Qur’an. Metode Qiraati Tahfidhul Qur’an disebut dengan Pasca TPQ Program Tahfidh (PTPT). Metode Qiraati PTPT sendiri melalui dua tahapan, yakni Pra PTPT dan PTPT. Metode Tahfidh Qiraati PTPT tersebut secara efektif membuat anak didik lebih mudah dalam menghafalkan dan lebih kuat dalam menjaga hafalan Al-Qur’an, terbukti banyaknya anak didik yang telah meneghafalkan lebih dari 10 Juz. Dalam metode Tahfidh Qiraati PTPT ini memiliki 6 tingkatan, dimana anak didik harus melakukan tes seremonial untuk naik ke tingkat yang lebih tinggi. Target hafalan di tiap tingkatan berbeda, ingkat 1 Juz 1 sampai 5, tingkat 2 Juz 1 sampai 10, tingkat 3 Juz 1 sampai 15, tingkat 4 Juz 1 sampai 20, tingkat lima Juz 1 sampai Juz 25 dan kelas VI memiliki tugas hafalan Juz 1 sampai dengan 30. Kata kunci: Efektivitas, Metode Qiraati, dan Pembelajaran Tahfidhul Qur’an

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 08 Apr 2021 07:51
Last Modified: 08 Apr 2021 07:51
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19304

Actions (login required)

View Item View Item