FAHRUB, ABDUL WAHAB (2020) MODEL PEMBELAJARAN PAI BERBASIS ALAM (Studi Kasus di SDIT Al Azmi Gempolsewu Kendal). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
COVER.pdf Download (805kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (158kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (95kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (182kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (475kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (251kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (359kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (47kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (183kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) |
Abstract
Agama merupakan sumber dari nilai religius dan mempunyai keterkaitan yang sangat erat untuk masuk kedalam jiwa seseorang. Untuk membentuk manusia yang agamis dan mempunyai nilai-nilai religius dalam dirinya diperlukan pendidikan yang terarah. Sebuah lembaga pendidikan hendaknya dapat memaksimalkan Alam sebagai sumber belajar peserta didik. Dengan begitu para guru umunya dan guru pendidikan agama Islam khususnya alam sebagai sumber belajar untuk meningkatkan potensi religius guna membentuk kepribadian peserta didik menjadi manusia yang beriman, bertaqwa dan berakhlak. Pertanyaan dan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui proses implementasi pendidikan agama Islam dalam membangun nilai-nilai religius di lingkungan sekolah SDIT Al Azmi Gempolsewu Kendal dan pembelajaran intrakurikuler yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam membangun nilai-nilai religius di SDIT Al Azmi Gempolsewu Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dipilih secara purposive dan bersifat snowball sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pembelajaran pendidikan agama Islam Berbasis Alam di lingkungan SDIT Al Azmi Gempolsewu Kendal dilakukan dengan baik dan efektif dengan diterapkannya dalam kegiatan keseharian seperti membiasakan mengucapkan salam, berjabat tangan, santun dalam berbicara, sopan dalam bersikap, dan saling menghormati baik dengan guru maupun sesama teman serta mampu mempraktikan wudhu dan sholat dengan baik dan benar. Kemudian terkait program-program dalam kurikulum khusus mengenai keagamaan, seperti diadakannya TPQ, kemudian sholat dhuha berjamaah, sholat dhuhur berjamaah, kemudian adanya Program khusus seperti tahfid, pidato, kultum bagi laki-laki dan juga adanya ceramah atau kajian, infaq dan juga hafalan surat pendek dalam Al-Qur’an, kemudian keteladan dan kedisiplinan yang diberikan oleh semua warga sekolah. Pembelajaran intrakurikuler pendidikan agama Islam dalam membangun nilai-nilai religius peserta didik SDIT Al Azmi Gempolsewu Kendal dilakukan dengan cara sistematik. Kata kunci: Pendidikan, Agama Islam, Berbasis Alam
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 20 Apr 2021 02:48 |
Last Modified: | 20 Apr 2021 02:48 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19263 |
Actions (login required)
View Item |