ANALISIS TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATERI TRIGONOMETRI

Fifi Zulaikha, Narita (2020) ANALISIS TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATERI TRIGONOMETRI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (738kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (617kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (216kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (449kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (342kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)

Abstract

Kemampuan.berpikir/kreatif merupakan kemampuan yang harus0dimiliki oleh siswa. Rendahnya/kemampuan berpikir0kreatif siswa di0SMAN 10Bae Kudus pada kelas X-MIPA 7 sesuai dengan pengamatan pembelajaran dikelas, pengamatan penelitifterhadap hasilfprestasi siswa, serta hasilfwawancara peneliti dengan.guru. Oleh itu /karena tujuan dari-penelitian0ini adalah/untukfmengetahui sejauh manaftingkat kemampuan/berpikir/kreatif siswa/terhadap materi trigonometri. Dalam hal5ini peneliti menggunakan 3 indikator untuk mengukur tingkat kemampuan berpikir kreatif yakni indikator kefasihan, fleksibilitas,/dan kebaruan. Jenis penelitian8ini merupakan penelitiangkualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah minimal 2 siswa8dalam8kategori kemampuan awal matematika tinggi, minimal 2 siswa8dengan kemampuan awal matematika sedang, dan8minimal 2 siswa0dengan kemampuan=awal matematika6rendah. Pengambilan subjek6tersebut berdasarkan-teknik purposivefsampling. Sedangkan untuk metodefpengumpulan datafmenggunakan tesfkemampuan berpikirfkreatif, serta wawancara.Teknik analisisfdata dalam penelitianfini meliputi: (1) mereduksifdata, yang berupa pemilihanfsubjek penelitian serta hasil wawancara. Pemilihan subjek penelitian berdasarkan kemampuan awal matematika yang dikategorikan sesuai denganfkriteria pengelompokkanfkemampuanfawal matematika berdasarkanhnilai rata-rata serta simpangan baku. (2) penyajian data, peneliti menyajikanfdata dari hasilftes serta wawancara. (3) penarikan kesimpulan, digunakanfuntukfmengetahui tingkatfkemampuan berpikirfkreatif siwa padafmateri trigonometri. Adapun hasil penelitian ini adalah siswa dengan kemampuan awal matematika tinggi mempunyai tingkat kemampuan berpikir kreatif pada tingkat 4 (sangat kreatif) dan tingkat 3 (kreatif), siswa dengan kemampuan awal matematika sedang mempunyai tingkat kemampuan berpikir kreatif pada tingkat 3 (kreatif), serta siswa dengan kemampuan awal matematika rendah memiliki tingkat kemampuan berpikir kreatif pada tingkat 1(kurang kreatif) dan tingkat 0 (tidak kreatif). Berdasarkan hasil penelitian tersebut diharapkan penelitian ini mampu dijadikan sebagai sumber referensi guna meningkatkan tingkat kemampuan berpikir kreatif agar siswa mempunyai tingkat kemampuan berpikir kreatif secara optimal. Kata Kunci: Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif, Trigonometri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 15 Apr 2021 03:06
Last Modified: 15 Apr 2021 03:06
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18986

Actions (login required)

View Item View Item