PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN MENGGAMBAR DAN MEWARNAI SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

DWI WIRANTI, OCTAVIANI (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN MENGGAMBAR DAN MEWARNAI SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (380kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (46kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (50kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan sebuah instrumen penilaian keterampilan menggambar dan mewarnai. Hal tersebut dilatarbelakangi dari kurangnya instrumen penilaian dan tidak adanya pedoman khusus untuk menilai keterampilan menggambar dan mewarnai untuk siswa kelas III. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memperoleh sebuah Instrumen Penilaian Keterampilan Menggambar dan Mewarnai yang valid dan layak digunakan dan dapat membantu guru dalam proses penilaian muatan pembelajaran SBdP khususnya pada seni rupa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D dengan desain penelitian yang mengacu pada pengembangan desain penelitian Brog and Gall yang dilakukan dengan 10 tahap penelitian. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalah instrumen penilaian yang terdiri dari Kisi-kisi Instrumen Penilaian, Lembar Kerja Siswa, Lembar Penilaian, dan Rubrik Penilaian. Hasil yang diperoleh dari penelitan ini antara lain (1) Hasil validasi ahli mendapatkan kriteria “Sangat Tinggi” dengan nilai koefisien rata-rata sebesar 0,864 dengan rincian skor untuk kisi-kisi sebesar 0,920, lembar kerja siswa adalah 0,812, lembar penilaian mendapat skor 0,884 dan untuk rubrik penilaian skornya adalah 0,840. (2) Hasil ujicoba skala terbatas dari respon guru adalah 81,6% dengan kategori “Sangat Layak”. Respon siswa terhadap lembar kerja siswa mendapatkan 98% dengan kategori “Sangat Layak”. (3) Hasil ujicoba skala luas mendapatkan skor sebesar 86,8% dengan kategori “Sangat Layak”. Untuk hasil ujicoba berskala luas dari respon siswa mendapatkan skor sebesar 100% yang masuk ke dalam kategori “Sangat Layak”. Berdasarkan uraian data diatas maka instrumen penilaian keterampilan menggambar dan mewarnai siswa kelas III dinyatakan valid dan layak untuk digunakan pada proses pembelajaran. Kata Kunci : Instrumen Penilaian, Keterampilan, Menggambar, Mewarnai, SBdP.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 12 Apr 2021 03:10
Last Modified: 12 Apr 2021 03:10
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18878

Actions (login required)

View Item View Item