PENGEMBANGAN PERANGKAT MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN MEDIA DIORAMA PADA TEMA CITA-CITAKU KELAS IV SD

Nurmila, Lina (2020) PENGEMBANGAN PERANGKAT MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN MEDIA DIORAMA PADA TEMA CITA-CITAKU KELAS IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (880kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (123kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (330kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (334kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan dan mengetahui kelayakan dari perangkat model pembelajaran inkuiri berbantuan media diorama pada tema cita-citaku . Produk perangkat pembelajaran dikembangkan berdasarkan kebutuhan guru terhadap sumber referensi lain dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD). Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan prosedur penelitian pengembangan yaitu ADDIE menurut Tegeh dan Kirna yang berisi 5 tahapan. Berdasarkan hal tersebut, diperoleh hasil penelitian antara lain: (1) hasil validasi dari ahli 1diperoleh Silabus dengan skor 61 dengan hasil persentase 93,8% dengan kriteria “Sangat Layak”. RPP diperoleh skor 107 dengan hasil persentase 93,04% dengan kriteria “Sangat Layak”. Media Diorama diperoleh skor 28 dengan hasil persentase 70% dengan kriteria “Layak”. (2) hasil validasi dari ahli 2 diperoleh Silabus dengan skor 51 dengan hasil persentase 78,4 % dengan kriteria “Layak”. RPP diperoleh skor 92 dengan hasil persentase 80% dengan kriteria “Layak”. Media Diorama diperoleh skor 30 dengan hasil persentase 75% dengan kriteria “Layak”. (3) hasil validasi ahli 3 diperoleh Silabus dengan skor 63 dengan hasil persentase 96,9% dengan kriteria “Sangat Layak”. RPP diperoleh skor 110 dengan hasil persentase 95,6% dengan kriteria “Sangat Layak”. Media Diorama diperoleh skor 39 dengan hasil persentase 97,5% denga kriteria “Sangat Layak”. Berdasarkan hasil tersebut, pengembangan perangkat model pembelajaran inkuiri berbantuan media diorama dapat dinyatakan layak untuk digunakan sebagai perangkat pembelajaran. Kata kunci: Perangkat Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Diorama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 09 Apr 2021 07:54
Last Modified: 09 Apr 2021 07:54
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18844

Actions (login required)

View Item View Item