PENGEMBANGAN KARTU KENDALI KEDISIPLINAN DALAM PENILAIAN SIKAP SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Indriana Setyaningrum, Fitri (2020) PENGEMBANGAN KARTU KENDALI KEDISIPLINAN DALAM PENILAIAN SIKAP SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (793kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (198kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (477kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (411kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (313kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)

Abstract

Penelitian ini untuk bertujuan untuk mengembangkan produk kartu kendali kedisiplinan dalam penilaian sikap siswa kelas IV sekolah dasar yang layak digunakan untuk membantu guru dalam penilaian sikap dan pembiasaan sikap kedisiplinan pada siswa. Produk ini dikembangkan berdasarkan kebutuhan siswa dan guru. Guru mengalami kesulitan untuk melakukan penilaian sikap pada siswa dikarenakan bebrapa faktor yaitu kelas yang gemuk, keterbatasan waktu dan pengarahan dari guru yang disepelekan siswa . Permasalahan yang dialami oleh siswa adalah kurangnya kedisplinan siswa dalam hal waktu, pembelajaran dan kedisplinan diri. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Desain penelitian yang digunakan adalah mengacu pada prosedur penelitian pengembangan menurut Borg and Gall. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sidomulyo 02 yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data pada penelitian ini adalah instrumen wawancara, angket dan produk kartu kendali kedisiplinan dalam penilaian sikap siswa kelas IV sekolah dasar. Hasil penelitian antara lain: (1) hasil validasi dari 2 validator produk dengan rata-rata 3.88 dan di intervalkan menjadi 3.88 dengan kriteria “Baik. (2) hasil dari uji skala kecil diperoleh respon 10 siswa dengan interval 85,44 dengan kriteria “Sangat Baik”, sedangkan hasil dari respon guru diperoleh interval 84 dengan kriteria “Sangat Baik”. (3) hasil dari uji skala besar diperoleh respon 20 siswa dengan interval 76,79 dengan kriteria “Sangat Baik”, sedangkan hasil dari respon guru diperoleh interval 84 dengan kriteria “Sangat Baik”. Kata kunci: kartu kendali kedisiplinan,penilaian sikap, siswa sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 09 Apr 2021 07:51
Last Modified: 09 Apr 2021 07:51
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18838

Actions (login required)

View Item View Item