ANALISIS KINERJA RUAS JALAN RAYA PATI Segmen Jalan Depan Bank BRI Syariah sampai Pengadilan Agama Kota Pati

WISNU, SEPTIAN PANCA (2020) ANALISIS KINERJA RUAS JALAN RAYA PATI Segmen Jalan Depan Bank BRI Syariah sampai Pengadilan Agama Kota Pati. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (127kB)
[img] Text
BAB I_1.pdf

Download (131kB)
[img] Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (147kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (231kB)
[img] Text
COVER_1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)

Abstract

Masalah kemacetan pada suatu ruas jalan sering terjadi pada daerah perkotaan. Kemacetan lalu lintas mempunyai akibat yang sangat besar apabila kita cermati. Sebagai salah satu contohnya adalah jalan Raya Pati segmen jalan depan BRI Syariah Kota Pati dimana mempunyai peranan yang penting dalam mendukung sektor-sektor perdagangan, perkantoran, dan pendidikan, dan juga jasa yang semuanya ini akan berjalan baik apabila sarana mendukung dan cukup memadai. Suatu jalan Apabila volume arus lalu lintas sudah hampir mendekati atau melebihi kapasitas jalan yang akan menimbulkan suatu kemacetan sehingga perjalanan sudah tidak nyaman lagi. Analisis kinerja ruas jalan perkotaan yang dilakukan dengan berbagai indikator kinerja yaitu kecepatan arus bebas (Free Flow Speed/FV), kapasitas (Capacity/C), derajat kejenuhan (Degree of Saturation/DS), kecepatan tempuh dan waktu tempuh rata – rata (Traveling Time/TT), serta menganalisis tingkat pelayanan (Level of Service/LOS) pada ruas jalan tersebut. Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis segmen jalan tersebut pada bulan Desember tahun 2019 memiliki kecepatan arus bebas (FV) = 37.72 km/jam, kapasitas (C) = 2295.93 SMP/jam, derajat kejenuhan (DS) = 0.58 yang masih dibawah nilai yang disyaratkan dalam MKJI 1997 yaitu 0,75 untuk jalan perkotaan, kecepatan tempuh (V) = 31 km/jam, waktu tempuh rata – rata (TT) = 23,32 detik. Tingkat pelayanan (Level of Service/LOS) dikategorikan tingkat C. Berdasarkan hasil perhitungan yang terjadi pada tahun 2019, perlu menjaga nilai arus lalu lintas dan selalu memantau volume kendaraan yang melewati ruas jalan tersebut. Kata kunci: Kemacetan, Ruas Jalan, Volume Lalu Lintas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 21 Apr 2021 02:38
Last Modified: 21 Apr 2021 02:38
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18734

Actions (login required)

View Item View Item