Adlimah, Nely Syarifatal (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR “SMART FRACTION” BERBASIS PROYEK PADA MATERI PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS III SDI DARUL HUDA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
abstrak.pdf Download (228kB) |
|
Text
cover.pdf Download (769kB) |
|
Text
daftar isi.pdf Download (206kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (235kB) |
|
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (120kB) |
|
Text
lampiran.pdf Download (2MB) |
|
Text
bab I.pdf Download (272kB) |
|
Text
bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) |
|
Text
bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (583kB) |
|
Text
bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) |
|
Text
bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada pengembangan bahan ajar berbasis proyek pada materi pecahan kelas III. Pelaksanaan pembelajaran hanya memanfaatkan buku paket yang kurang melibatkan siswa secara aktif berdampak pada kurangnya pemahaman konsep siswa pada materi pecahan. Padahal, siswa membutuhkan bahan ajar yang memuat lembar kerja dimana siswa dapat terlibat aktif dalam penemuan konsep berdasarkan pengalamannya sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar yang layak, praktis serta efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi pecahan. Penelitian ini merupakan Research and Development (R & D), dengan prosedur ADDIE meliputi lima tahapan analysis, design, develop, implement, dan evaluate. Berdasarkan hasil penelitian, bahan ajar memperoleh skor rata-rata 69 dengan persentase 92% dan termasuk dalam kriteria layak. Hasil respon guru memperoleh skor 45 dengan persentase 90%, sedangkan skor rata-rata respon siswa 46 dengan persentase 93% sehingga dinyatakan sebagai bahan ajar yang praktis. Nilai rata-rata siswa meningkat berdasarkan hasil pre-test dan post-test dengan hasil uji gain sebesar 0,52 menunjukkan bahan ajar “Smart Fraction” berbasis proyek dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa dengan kriteria sedang. Kata Kunci: bahan ajar, berbasis proyek, pemahaman konsep, pecahan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 26 Mar 2021 07:16 |
Last Modified: | 26 Mar 2021 07:16 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18352 |
Actions (login required)
View Item |