STRATEGI KREATIF MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI LEMBAGA PENYIARAN RADIO RASIKA FM UNGARAN DI ERA DIGITAL

Rosyid, Ramdlon Nur (2020) STRATEGI KREATIF MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI LEMBAGA PENYIARAN RADIO RASIKA FM UNGARAN DI ERA DIGITAL. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Cover.pdf

Download (622kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (316kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (313kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (342kB)
[img] Text
Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (388kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)

Abstract

Radio Rasika FM merupakan radio yang mengudara di frekuensi 105.6 FM dan jangkauan siarannya mencakup Ungaran, Salatiga, Ambarawa. Radio ini menyajikan sebuah hiburan yang didalamnya membahas seputar informasi terkini serta memutarkan musik-musik yang up to date anak muda, dewasa seperti perbincangan santai penyiarnya dengan menggunakan bahasa millennial. Radio yang berada di kota Ungaran telah berdiri sejak tahun 1990, untuk bisa bertahan selama itu tentunya tidak mudah. Tentunya Rasika melewati berbagai macam tantangan dari semakin ketatnya persaingan industri media penyiaran. Radio Rasika Fm harus tetap menjaga keeksisannya dan kelayakannya agar dapat bertahan dan bersaing dengan program-program baru dan mengharuskan mempertahankan eksistensinya dengan menggunakan berbagai strategi. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan radio Rasika FM dalam mempertahankan eksistensinya di era digital. Penelitian ini menggunakan paradigm konstruktivisme. Peneliti mengaitkan penelitian ini dengan strategi produksi program, strategi penarikan audien, strategi promosi program, dan teori Plan And Goals dari Charles Berger karena untuk mempertahankan sebuah radio pasti membutuhkan strategi, perencanaan dan tujuan yang baik. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah pengumpulan data berupa wawancara mendalam dengan Ibu Ratna Mufidah Selaku Station Manager, Mas Haris, Mas Yulius Ardhian dan dokumentasi. Hasil dari strategi kreatif mencangkup pemilihan format dan isi program, menarik pendengar, mencari penyiar sesuai format siaran, melakukan strategi penemuan ide, perencanaan, dan persiapan dalam pra-produksinya untuk memperkuat konten pembahasan program. Selanjutnya Pemasaran Program menggunakan model marketing mix Peter & Olson: produk program, harga program, distribusi program dan promosi program. Peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa di dalam produksi program musik strategi kreatif tertuju pada konten siar yang memuat seputar informasi dengan segmentasi pendengar anak muda, dewasa dengan produksi program melalui pendekatan dari penyiar menggunakan media interaksi whatsapp dan memutarkan lagu-lagu up to date serta bekerjasama dengan pihak label dan menggunakan media sosial instagram, twitter, facebook sebagai media promosi. Keterbatasan penelitian ini sumber informasi hanya dari tim produksi sehingga diharapkan untuk peneliti selanjutnya dapat menggali sumber informasi yang lebih banyak lagi. Kata Kunci : Strategi Kreatif, Produksi Program, Eksistensi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 24 Mar 2021 03:53
Last Modified: 24 Mar 2021 03:53
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18283

Actions (login required)

View Item View Item