RANCANG BANGUN SISTEM KEPUASAN PENGUNJUNG TERHADAP PELAYANAN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG MENGGUNAKAN LIBQUAL+TM DAN FUZZY TSUKAMOTO

Pratama, Nirmala Putri (2020) RANCANG BANGUN SISTEM KEPUASAN PENGUNJUNG TERHADAP PELAYANAN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG MENGGUNAKAN LIBQUAL+TM DAN FUZZY TSUKAMOTO. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Cover.pdf

Download (283kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (51kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (94kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (228kB)
[img] Text
Abstraksi.pdf

Download (99kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (33kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB)
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB)

Abstract

Kualitas pelayanan merupakan tingkatan dari pelayanan yang diberikan perpustakaan UNISSULA sehingga sesuai dengan harapan dan kebutuhan dari pengunjung. Belum terdapat sistem yang dapat digunakan untuk mengukur kualitas pelayanan sehingga, dibuat sistem yang dapat digunakan untuk melakukan evaluasi terhadap kualitas pelayanan perpustakaan. Metode yang digunakan pada sistem ini ada 2 yaitu Metode Libqual dan Metode Fuzzy Tsukamoto dengan menggunakan skala likert dari nilai 1 sampai 5. Metode Libqual digunakan untuk mengukur kesenjangan antara persepsi dan harapan dengan 2 perhitungan yaitu AG (Adequancy Gap) dan SG (Superiority Gap), dimana jika hasilnya positif maka kualitas yang diberikan baik sedangkan bila hasilnya negatif maka kualitas yang diberikan tidak baik. Pada perhtiungan Fuzzy Tsukamoto terdapat 4 proses yaitu fuzzyfikasi, pembentukan rule, mesin inferensi dan defuzzyfikasi. Fuzzy Tsukamoto digunakan sebagai pe-rangking-an dari setiap pertanyaan pada kuesioner mengenai kualitas pelayanan. Pe-rangking-an bertujuan untuk mengetahui item pertanyaan mengenai kualitas pelayanan yang memiliki nilai paling baik dengan skala dari kecil ke besar. Dari hasil perhitungan Libqual dan Fuzzy Tsukamoto yaitu dari 3 dimensi yang ada pada Libqual Library as Place mendapatkan peringkat pertama dengan nilai 3,11. Kata kunci : Kualitas pelayanan; Libqual; Fuzzy Tsukamoto

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 17 Nov 2020 01:45
Last Modified: 17 Nov 2020 01:45
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18022

Actions (login required)

View Item View Item