HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI SDN GEBANGSARI 01

Cahyani, Windi Puji (2020) HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI SDN GEBANGSARI 01. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Cover.pdf

Download (432kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (206kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (153kB)
[img] Text
Abstraksi.pdf

Download (183kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (159kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (5MB)
[img] Text
S1 Ilmu Keperawatan_30901602132_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text
Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)

Abstract

Latar Belakang : Kecerdasan emosi adalah kemampuan untuk mengenali perasaan orang lain atau memotivasi diri dan bisa mengelola emosi diri dengan baik. Dampak dari kecerdasan emosi yang rendah dapat mengakibatkan anak menjadi suka menyendiri, kurang bersemangat, cemas, depresi, nakal dan agresif, sebaliknya jika anak memiliki kecerdasan emosional tinggi anak lebih bisa mengontrol emosi dan berperilaku dengan baik. Pembentukan kecerdasan emosional pada anak ditentukkan oleh, faktor internal yang mempengaruhi kecerdasan emosional anak, jasmani dan psikologi, sedangkan faktor eksternal berupa stimulus, lingkungan, dan pola asuh orangtua. Tujuan dari penelitian ini untuk menentukan apakah ada hubungan antara pola asuh orang tua dan kecerdasan emosional pada anak usia sekolah di SDN Gebangsari 01. Metode : Penelitian ini menggunakan desain cross sectional Pengumpulan data menggunakan kuesioner pola asuh orang tua dan kecerdasan emosional anak. Jumlah sampel 140 responden anak usia sekolah dengan metode total sampling. Hasil :Hasil analisis univariat karakteristik pola asuh otoriter sedang 76 responden (77.6%), Permisif sedang 19 responden (76.0%), autoritatif sedang 15 responden (88,2%). Hasil analisis bivariate dengan uji sommers’d didapatkan nilai ρ otoriter = 0.027 permisif =0.280, autoritatif = 0.276 dengan nilai koefisien korelasi atau r otoriter = 0.251, permisif = 0.295, autoritatif = 0,419. Simpulan : Tidak terdapat hubungan antara hubungan pola asuh orang tua permisif dan autoritatif namun terdapat hubungan yang bermakna antara pola asuh otoriter terhadap kecerdasan emosional anak usia sekolah dasar di SDN Gebangsari 01. Kata Kunci : pola asuh, kecerdasan emosional anak Daftar Pustaka : 37 (2009-2019)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 18 Oct 2020 22:24
Last Modified: 23 Oct 2020 04:23
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/17708

Actions (login required)

View Item View Item