Ni'mah, Ulyn (2019) Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 2 Karanganyar Demak. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
cover.pdf Download (3MB) |
|
Text
daftar isi.pdf Download (134kB) |
|
Text
publikasi.pdf Download (234kB) |
|
Text
abstrak.pdf Download (133kB) |
|
Text
bab I.pdf Download (138kB) |
|
Text
bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (332kB) |
|
Text
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (140kB) |
|
Text
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) |
|
Text
bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (141kB) |
Abstract
Sumber belajar yang selama ini ada dalam dunia pendidikan adalah buku teks pelajaran. Sumber belajar tersebut tentu saja mempunyai banyak kendala. Diantaranya kurang updatenya dalam perkembangan zaman. Di sisi lain, internet sudah menjadi kebutuhan primer bagi manusia, tidak terkecuali remaja yang biasanya ada pada jenjang SMP. Melihat fenomena tersebut maka penulis berusaha menjembatani anatar kedua gap di atas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat internet sebagai sumber belajar. Dalam pengembangan ilmu, studi ini menghasilkan temuan antara lain memodifikasi teori sumber belajar Musfiqon ( 2011:30) menjadi sumber belajar berbasis internet, teori sumber belajar internet mata pelajaran umum (Adrie: 2007) menjadi sumber belajar PAI, teori aspek pembelajaran (Daradjat, 2014: 196) ) dan teori-teori yang berhubungan dengan sumber belajar yang memanfaatkan internet. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 2 Karanganyar Demak yang sudah memanfaatkan internet sebagai sumber belajar Pendidikan Agama Islam. Pemanfaatan sumber belajar tersebut meliputi tiga aspek yaitu aspek kognitif (pengetahuan), afektif (sikap) da psikomotorik (keterampilan). Pemanfaatannya meliputi browsing, searching, dan mengakses youtube serta google. Kesimpulan terpadu menunjukkan bahwa internet sangat bisa dipergunakan sebagai sumber belajar alternatif dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam baik pada aspek kognitif (pengetahuan), afektif ( sikap) dan psikomotorik ( keterampilan) di SMP Negeri 2 Karanganyar Demak. Meskipun tidak semua materi bisa memanfaatkan internet, namun keberadaan internet ini sangat bermanfaat sebagai sumber belajar Pendidikan Agama Islam. Kata Kunci: manfaat, internet, sumber belajar, pendidikan agama Islam,kognitif, afektif, psikomotorik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 31 Aug 2020 02:20 |
Last Modified: | 31 Aug 2020 02:20 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/17456 |
Actions (login required)
View Item |