IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN FIQIH DI KELAS VIII MTS HASYIMIYAH BULU TUBAN

SUHUD, MUH ARWANI (2019) IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN FIQIH DI KELAS VIII MTS HASYIMIYAH BULU TUBAN. Doctoral thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (623kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (43kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (116kB)
[img] Text
publikasi.pdf

Download (251kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (227kB)
[img] Text
bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text
bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)
[img] Text
bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (46kB)

Abstract

MTs Hasyimiyah Bulu Tuban tidak hanya mengedepankan ilmu pengetahuan umun saja, namun pendidikan agama islam juga menjadi salah satu mata pelajaran pokok bagi setiap siswa. Maka siswa dituntut untuk dapat memahami dan mengusai materi yang berkaitan dengan pendidikan agama Islam.Pendidikan Agama Islam adalah mata pelajaran yang wajib diajarkan dalam kurikulum sekolah mulai dari pendidikan dasar sampai perguruan tinggi. Salah satu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah Fiqh.Fiqh merupakan materi yang paling sulit. Padahal materi tersebut tentang sholat, puasa, zakat, pengurusan jenazah, haji, dan umroh. Dimana materi tersebut merupakan ajaran Islam yang wajib bagi seluruh peserta didik. Mengingat banyaknya pembahasan tantang fiqh, peneliti akan lebih fokus meneliti pada bab sujud syukur saja. Untuk itu peneliti akan membahas tentang Implementasi Metode Demonstrasi Dalam Pembelajaran Fiqh Materi Sujud Syukur Bagi Siswa Kelas VIII Di MTs Hasyimiyah Bulu Tuban, Tahun Pelajaran 2018/2019. Permasalahan dari penelitian ini adalah Bagaimana penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran fiqh materi Sujud Syukur kelas VIII di MTs Hasyimiyah Bulu Tuban? dan Apakah penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan pemahaman dan meningkatkan hasil belajar siswa materi Sujud Syukur kelas VIII di MTs Hasyimiyah Bulu Tuban? Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran fiqh materi Sujud Syukur kelas VIII di MTs Hasyimiyah Bulu Tuban dan untuk mengetahui penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan pemahaman dan meningkatkan hasil belajar siswa materi Sujud Syukur kelas VIII di MTs Hasyimiyah Bulu Tuban. Adapun manfaat penelitian ini adalah untuk mengembangkan khasanah pengetahuan di bidang pendidikan khususnya mengenai pentingnya penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran dan meningkatkan pemahaman belajar fiqh materi Sujud Syukur. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang ditempuh secara bertahap. Subjek dalam penelitian ini adalah siwa kelas VIII MTs Hasyimiyah Bulu Tuban. Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari hasil post test dari setiap siklus yaitu siklus I (56,52%) dan siklus II (86,95%), juga tercapainya nilai siswa yang telah mencapai KKM. Kata kunci: Metode Demonstrasi, Fiqih Materi Sujud Syukur, Siswa

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 10 Mar 2020 06:35
Last Modified: 10 Mar 2020 06:35
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/17278

Actions (login required)

View Item View Item