ANALISA SISTEM ANTRIAN PROSES SERVICE MOTOR DENGAN MENGGUNAKAN SIMULASI MODEL (Studi Kasus : PT. Sejahtera Motor Gemilang)

Cesarianto, Moch Irfan (2019) ANALISA SISTEM ANTRIAN PROSES SERVICE MOTOR DENGAN MENGGUNAKAN SIMULASI MODEL (Studi Kasus : PT. Sejahtera Motor Gemilang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (756kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (370kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (669kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (447kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (563kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (227kB)

Abstract

PT. Sejahtera Motor Gemilang merupakan perusahaan swasta yang bergerak di bidang industri otomotif. PT. Sejahtera Motor Gemilang berdiri sejak tahun 2011 dan berlokasi di Jalan Dr. Susanto No.82 Parenggan Pati. PT. Sejahtera Motor Gemilang merupakan anak perusahaan dari PT. Suzuki Indomobil Sales yang memegang kekuasaan atas penjualan kendaraan dengan merek Suzuki di Indonesia. Kegiatan utama yang dilakukan PT. Sejahtera Motor Gemilang adalah penjualan unit kendaraan (sales), perawatan kendaraan (service), serta pengadaaan suku cadang kendaraan (spare parts). Pada proses perawatan kendaraan (service) di PT. Sejahtera Motor Gemilang Cabang Pati belom bisa dikatakan optimal berdasarkan rata-rata waktu tunggu (waiting time) yang ada karena melebihi standar waktu menunggu yang telah ditetapkan perusahaan. Hal tersebut akan menimbulkan antrian panjang yang menyebabkan pelanggan menunggu terlalu lama bahkan harus menunda untuk melakukan servis ke hari berikutnya. Tujuan dari penelitian ini.adalah melakukan analisa sistem antrian pada proses pelayanan servis motor di PT. Sejahtera Motor Gemilang untuk meminimasi waktu tunggu (waiting time) dan meminimasi total biaya system. Penelitian dilakukan dengan menerapkan model simulasi pada pelayanan servis untuk menentukan jumlah fasilitas yang tepat dan sesuai dengan waktu menunggu (waiting time) yang telah ditargetkan perusahaan. Alternatif skenario perbaikan merujuk kepada target yang telah ditargetkan perusahaan yaitu 2 menit (120 detik) waktu menunggu proses pendaftaran, 30 menit (1800 detik) waktu menunggu proses perbaikan mekanik, dan 2 menit (120 detik) waktu menunggu proses pembayaran. Berdasarkan kemungkinan yang terjadi terdapat 4 alternatif skenario perbaikan yang memungkinkan untuk diterapkan di PT. Sejahtera Motor Gemilang. Hasil analisis diperoleh bahwa alternatif skenario perbaikan ke 1 memiliki rata-rata waktu menunggu (waiting time) yang telah memenuhi target perusahaan serta memiliki total biaya yang terkecil. Pada model antrian saat ini (existing) rata-rata waktu menunggu proses pendaftaran dan pembayaran telah memenuhi target perusahaan, sementara untuk rata-rata waktu menunggu proses perbaikan mekanik melebihi target perusahaan yaitu pada hari senin, selasa, rabu, jumat dan sabtu, serta memiliki total biaya sebesar Rp.119.292/jam. Pada model alternatif skenario perbaikan ke 1 rata-rata waktu menunggu proses pendaftaran, proses perbaikan mekanik, dan proses pembayaran telah memenuhi target perusahaan yaitu pada hari senin, selasa, rabu, kamis, jumat, dan sabtu, serta memiliki total biaya sebesar Rp.82.965/jam sehingga terpilih sebagai alternatif skenario terbaik. Kata kunci : Sales, Service, Spare Part, Waiting Time, Existing

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 18 Feb 2020 07:29
Last Modified: 18 Feb 2020 07:29
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/16130

Actions (login required)

View Item View Item