EFEKTIVITAS IKLAN TELEVISI SMARTFREN VERSI “SUPER 4G KUOTA” DI KALANGAN MAHASISWA DI KOTA SEMARANG DENGAN PENDEKATAN EMPHATY, PERSUASION, IMPACT DAN COMMUNICATION (EPIC MODEL)

ADJI, INDRA BAYU (2019) EFEKTIVITAS IKLAN TELEVISI SMARTFREN VERSI “SUPER 4G KUOTA” DI KALANGAN MAHASISWA DI KOTA SEMARANG DENGAN PENDEKATAN EMPHATY, PERSUASION, IMPACT DAN COMMUNICATION (EPIC MODEL). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (496kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (348kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (131kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (136kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (163kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (453kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (716kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)

Abstract

Latar belakang masalah ini adalah iklan Smartfren versi “Super 4G Kuota” yang rilis pada tanggal 22 Februari 2019. Iklan ini menampilkan Youtuber Indonesia Atta Halilintar dan tarian seperti dalam game online serta jari thanos yang menjentikkan jari berbentuk love. Iklan ini juga menawarkan harga kuota yang tergolong murah. Rumusan penelitian ini adalah bagaimanakah efektivitas iklan televisi Smartfren versi “Super 4G Kuota” di kalangan mahasiswa di Kota Semarang dengan pendekatan EPIC Model. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas iklan televisi Smartfren versi “Super 4G Kuota” di kalangan mahasiswa di Kota Semarang dengan pendekatan EPIC Model. Paradigma dalam penelitian ini menggunakan paradigma positivistik, yang dapat menjelaskan mengenai pemahaman perilaku manusia. Tipe penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner pada sampel 100 responden yang pernah melihat iklan Smartfren dan merupakan mahasiswa di Kota Semarang. Teori yang digunakan adalah EPIC Model dari AC Nielsen yang mengukur efektivitas iklan mencakup empat dimensi kritis yaitu, Emphaty, Persuasion, Impact dan Communication. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa iklan Smartfren versi “Super 4G Kuota’ terbukti efektif diukur dengan EPIC Model dengan mendapatkan skor 3,805 untuk Emphaty, 3,705 untuk Persuasion, 3,66 untuk Impact dan 3,955 untuk Communication. Keterbatasan dalam penelitian ini adalah sampel belum dapat digeneralisasikan pada kelompok subjek dengan jumlah besar, subjek penelitian hanya di Kota Semarang dan media yang diteliti. Oleh karena itu ada baiknya bahwa penelitian selanjutnya, sampel bisa bisa lebih diperbanyak lagi supaya hasil penelitian bisa digeneralisasikan lebih luas, subjek penelitian bisa diperluas lagi supaya karakteristik subjek bisa lebih baragam dan media iklan yang diteliti tidak hanya dari satu media saja sehingga responden yang bisa dijangkau bisa lebih luas dan beragam. Kata Kunci: Emphaty, Persuasion, Impact, Communication, Efektivitas Iklan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 17 Feb 2020 08:23
Last Modified: 17 Feb 2020 08:23
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/16040

Actions (login required)

View Item View Item