SELF-DIRECTED DIALOGUE TECHNIQUE IN IMPROVING STUDENT’S CONVERSATIONAL SPEAKING SKILL (Quasi Experimental Research to the Tenth Graders of MAN Pemalang in the Academic Year of 2019/2020)

Trisnawati, Dyah Ayu (2019) SELF-DIRECTED DIALOGUE TECHNIQUE IN IMPROVING STUDENT’S CONVERSATIONAL SPEAKING SKILL (Quasi Experimental Research to the Tenth Graders of MAN Pemalang in the Academic Year of 2019/2020). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (750kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (132kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (102kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (163kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (72kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (130kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan Self-Directed Dialogue Technique efektif atau tidak untuk meningkat kemampuan berbicara (speaking) siswa kelas X MAN Pemalang tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di MAN Pemalang yang bertempat di Jalan Tentara Pelajar, Pemalang, Jawa Tengah, Indonesia. Tipe dari penelitian in adalah quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X MAN Pemalang dengan sample kelas X Science 5 sebagai kelas control dan kelas X Science 4 sebagai kelas percobaan. Data dikumpulkan melalui beberapa kegiatan. Yaitu pre-test, dan post-test. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test dikelas control adalah 57.10 dan dikelas percobaan adalah 60.00. Setelah diberikan perlakuan selama empat pertemuan nilai rata-rata post-test dikelas control adalah 68.39 dan dikelas percobaan adalah 74.33. Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara keduanya. Di dukung oleh hasil analisis t-test hasil perbandingan post-test antar kelas control dan percobaan bahwa sig(2-tailed) 0.000. Dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 dapat diterima. Sehingga, penggunaan teknik Self-Directed Dialogue efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Kata Kunci : Self-Directed Dialogue, Speaking Skill, Conversation

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2020 06:14
Last Modified: 13 Feb 2020 06:14
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/15992

Actions (login required)

View Item View Item