FIKRI, IZZUL (2019) TINJAUAN YURIDIS PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN DI BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN (BPSK). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
abstrak.pdf Download (105kB) |
|
Text
daftar isi.pdf Download (256kB) |
|
Text
publikasi.pdf Download (1MB) |
|
Text
bab I.pdf Download (223kB) |
|
Text
bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (383kB) |
|
Text
bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) |
|
Text
bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (196kB) |
Abstract
Di jaman yang modern saat ini pemakaian barang hasil produksi semakin meningkat. Setiap orang pemakai barang dan/atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain sering kita sebut dengan istilah konsumen. Menurut UndangUndang No.8 Thun 1999 Pasal 1 Ayat (2) Tentang Perlindungan Konsumen, konsumen merupakan subyek hukum yang hak dan kewajibannya wajib di lindungi. Konsumen dikatakan wajib dilindungi karena dewasa ini sering terjadinya sengketa antara penyedia jasa (produsen) dengan konsumen yang menimbulkan perselisihan yang berkepanjangan dan menyebabkan kerugian yang bersifat materiil bagi konsumen. Tentunya perselisihan tersebut haruslah segera di atasi untuk menemukan solusi diantara keduanya, maka hadirlah sebuah lembaga penyelesaian yang di sebut Badan Peyelesaian Sengketa Konsumen (BSPK). Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Yuridis Normatif, dengan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan, dan studi lapangan. Data di kumpulkan melalui studi kepustakaan, lapangan, menggunakan analisis data kualitatif. Dalam penyelesaian sengketa konsumen ada beberapa teknis atau runtutan dalam penyelesaian sengketa konsumen sampai terjadinya suatu putusan dalam sengketa tersebut. Dalam pelaksanaannya BPSK mempunyai asas-asas yang harus di kedepankan dalam suatu penyelesaian, asas tersebut tidak boleh di kesampingkan kerena asas tersebut juga menjadi menjadi acuan terbentuknya UUPK untuk mengatur pelindungan terhaap konsumen. Kata Kunci: Penyelesaian Konsumen, Sengketa, BPSK
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Feb 2020 05:30 |
Last Modified: | 13 Feb 2020 05:30 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/15981 |
Actions (login required)
View Item |