perlindungan konsumen dengan ketidaksesuaian harga dalam promosi diskon secara online dengan harga sesungguhnya

KARIM, FATKHUL (2019) perlindungan konsumen dengan ketidaksesuaian harga dalam promosi diskon secara online dengan harga sesungguhnya. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (178kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (103kB)
[img] Text
publikasi.pdf

Download (243kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (274kB)
[img] Text
bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text
bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (241kB)

Abstract

Perkembangan teknologi khususnya dalam bidang internet juga menunjang bidang perdagangan.Penggunaan internet yang semakin luas dalam kegiatan bisnis, industri dan rumah tangga telah mengubah pandangan manusia.Dimana kegiatan - kegiatan diatas yang pada awalnya dimonopoli oleh kegiatan fisik kini bergeser menjadi kegiatan jual - beli online yang disertai dengan pemberian diskon. Penelitian dengan judul “Perlindungan konsumen dengan ketidaksesuaian harga dalam promosi diskon secara online dengan harga sesungguhnya”, memiliki rumusan masalah apa saja hak – hak konsumen yang dilanggar dan pertanggung jawaban produsen terhadap promosi diskon yang tidak sesuai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami hak – hak konsumen yang dilanggar dan bagaiaman tanggung jawab produsen atas promosi diskon yang diberikan. Metode penelitian menggunakan pendekatan yuridis normatif yaitu penelitian hukum yang dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka atau data sekunder sebagai bahan dasar untuk diteliti dengan melihat literature yang ada. Data akan dianalisa dengan metode kualitatif yaitu memaparkan data – data yang ada kemudian menganalisanya dengan teori – teori yang ada. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa promosi yang tidak sesuai merugikan bagi konsumen menurut pasal 4 Undang – Undang No. 8 Tahun 1999 Huruf B bahwa pelaku usaha harus memberikan informasi yang benar atas kondisi barang atau jasa termasuk pelaku usaha dalam toko online, pelaku usaha online memberikan dampak baik dan buruk bagi konsumen tetapi banyak dari konsumen belum banyak yang mengetahui hak dan kewajiban mereka selain itu perlindungan terhadap konsumen juga minim sebagai akibat dari kebijakan toko online yang bersifat membatasi tanggung jawabnya sebagai pelaku usaha. Pertanggungan jawaban dari pelaku usaha dengan diaturnya perbuatan yang dilarang bagi pelaku usaha demi kesehatan,kenyamanan,dan keamanan konsumen dan apabila melanggar ada sanksi – sanksi yang dapat diterapkan yang diatur dalam Bab XIII UUPK Pasal 60 – Pasal 63. Kata Kunci: Perlindungan Konsumen, Diskon, Online

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2020 05:26
Last Modified: 13 Feb 2020 05:26
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/15972

Actions (login required)

View Item View Item