PELAKSANAAN PERLINDUNGAN KONSUMEN BERDASARKAN UU NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM PELAYANAN AIR BERSIH DI PDAM KOTA SEMARANG

Larasati, Rizka Sagita (2019) PELAKSANAAN PERLINDUNGAN KONSUMEN BERDASARKAN UU NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM PELAYANAN AIR BERSIH DI PDAM KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (574kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (370kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (529kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (999kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (6kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (825kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Air bersih merupakan suatu kebutuhan pokok bagi makhluk hidup khususnya untuk manusia. Keberadaan air bersih mempunyai peran vital dalam keberlangsungan kehidupan manusia. Di Indonesia sendiri PDAM menjadi salah satu perusahaan yang menyediakan jasa pendistribusian air bersih untuk masyarakat. Namun terdapat beberapa masalah yang terjadi dalam penyediaan air ke konsumen, seperti air yang keruh, air mati, maupun permasalahan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan perlindungan konsumen dalam pelayanan air bersih di PDAM Kota Semarang dan kesesuaiannya dengan Undang-Undang Perlindungan Konsumen serta untuk mengetahui permasalahan dan kendala yang dialami oleh PDAM beserta solusinya dalam proses penyediaan air bersih di PDAM Kota Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode yuridis sosiologis dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data primer dengan wawancara dan data sekunder dengan membaca, mengkaji, dan menganalisa bahan hukum primer, sekunder, dan tersier. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif yaitu ditafsirkan secara logis dan sistematis kemudian ditarik kesimpulan. Dari hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan perlindungan konsumen di PDAM Semarang telah memenuhi standar yang ditetapkan, Pihak PDAM juga secara jelas menuliskan dengan rinci peraturan dan ketetapan apa saja yang harus ditaati oleh konsumen yang dicantumkan di website PDAM dan formulir Surat Permohonan Menjadi Langganan (SPL) yang diberikan pada saat awal mendaftar menjadi pelanggan PDAM. Untuk kendala yang dihadapi selama ini seperti menumpuknya sampah yang menganggu jalannya distribusi dan pencurian pipa penyalur air masih dapat ditanggani dengan perbaikan dan pengontrolan tiap minggunya. Apabila masyarakat selaku konsumen PDAM mengalami kesulitan air PDAM memberikan solusi berupa pengiriman mobil tangki air guna pemenuhan kebutuhan air masyarakat yang dapat dihubungi melalui Call Center PDAM. Kata Kunci : Air Bersih, Perlindungan Konsumen, PDAM

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 28 Jan 2020 06:23
Last Modified: 28 Jan 2020 06:23
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/15711

Actions (login required)

View Item View Item