Tinjauan Kinerja Ruas Jalan Pantura Demak Depan Pasar Sayung

FARIS ZULFIKAR, MOH (2018) Tinjauan Kinerja Ruas Jalan Pantura Demak Depan Pasar Sayung. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (86kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (957kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (110kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (76kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (90kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (3MB)

Abstract

Demak merupakan salah satu kota yang dilalui olah jalan pantura. Salah satu segmen Jalan pantura yang sering macet adalah di kawasan Pasar Sayung Demak, hal ini terjadi karena banyaknya pedagang yang berdagang di lajur tepi jalan hingga bahu jalan. Selain itu banyaknya kendaraan dan angkutan umum yang parkir di bahu jalan semakin memperparah kondisi jalan terlebih pada waktu sibuk. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kinerja ruas jalan yang ditinjau meliputi kapasitas jalan, derajat kejenuhan, hambatan samping, kecepatan dan waktu tempuh rata-rata di ruas jalan Pantura Demak. Lokasi penelitian ini sepanjang jalan Pantura Demak. Untuk menganalisa kapasitas jalan, derajat kejenuhan, hambatan samping, kecepatan dan waktu tempuh rata-rata dalam penelitian ini menggunakan metode MKJI 1997. Hasil pengolahan data diperoleh untuk volume tertinggi saat jam puncak pada hari rabu (hari Kerja) pukul 07.00-08.00 WIB, dengan arus puncak harian sebesar 6446.4 SMP/jam, tingginya nilai bobot hambatan samping, sebesar 788 (temasuk tinggi, kelas hambatan samping > 350), kapasitas jalan yang hampir tidak dapat menampung arus lalu lintas, sebesar 7327,008 SMP/jam, nilai DS2018 yang jenuh mendekati nilai 1, sebesar 0,87. Nilai ini tidak sesuai dengan syarat pada MKJI 1997, yaitu < 0,75. Dan berdasarkan hasil prediksi kinerja ruas, pada tahun 2020 ruas jalan pantura Demak diperkirakan akan lebih melampaui batas titik jenuh yang ditetapkan MKJI 1997. Hal tersebut membuat kinerja jalan kurang maksimal maka solusinya dengah mengelola jaringan jalan untuk mengoptimalkan kembali fungsi jalan dengan cara menertibkan kendaraan-kendaraan yang melanggar rambu dan pedagang-pedagang liar yang menempati trotoar atau badan jalan di depan area pintu masuk pasar Kata Kunci : Kinerja ruas jalan, Kapasitas jalan, Hambatan samping

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jan 2020 06:32
Last Modified: 07 Jan 2020 06:32
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14462

Actions (login required)

View Item View Item