PEMANFAATAN MEDIA INTERNET SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA MILLENIAL (Studi Kasus di SMP Alternatif Qaryah Thayyibah Salatiga Tahun Ajaran 2018 / 2019)

MAGHFIROH, ZUNI ASLAMI (2019) PEMANFAATAN MEDIA INTERNET SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA MILLENIAL (Studi Kasus di SMP Alternatif Qaryah Thayyibah Salatiga Tahun Ajaran 2018 / 2019). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (83kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (112kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (310kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (16kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (936kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (433kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan perkembangan tekhnologi di Era Millenial, media internet telah mengubah paradigma dalam mendapatkan informasi dan komunikasi. Salah satunya melalui dunia pendidikan, jaringan internet memenuhi kapasitas yang dijadikan sebagai salah satu sumber pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai Pemanfaatan Media Internet sebagai sumber pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Millenial (Studi Kasus di SMP Alternatif Qaryah Thayyibah Salatiga). Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif terhadap media internet sebagai sumber pembelajaran melalui visiting internet. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah : pertama, melalui pemanfaatan internet peserta didik dan guru dapat belajar; mandiri, berkomunikasi, bertukar informasi dan berdiskusi secara berkelanjutan. Peserta didik dapat belajar di manapun dan kapanpun sehingga hasil yang didapatkan akan lebih baik. Peserta didik tentu tetap dalam pengawasan serta bimbingan dari guru agar dapat menemukan sumber belajar yang relevan dan sesuai dengan yang diharapkan. Guru dapat merancang sendiri atau berkolaborasi dengan para ahli untuk menarik minat belajar peserta didik. Dengan memanfaatkan internet, pola pikir peserta didik untuk mengembangkan kemampuan dan pengetahuan dapat dilakukan secara optimal, sehingga dampak positif dari adanya media internet akan lebih besar lagi pada kegiatan belajar mengajar di sekolah maupun di rumah. Maka harapannya,pemanfaatan media internet sebagai sumber pembelajaran dapat membentuk pembelajaran yang efektif dan efisien. Kata Kunci : Sumber Belajar,Pemanfaatan, Media Internet, Peserta Didik, Millenial

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 30 Dec 2019 07:30
Last Modified: 30 Dec 2019 07:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14327

Actions (login required)

View Item View Item