IMPLEMENTASI KO KURIKULER MATA PELAJARAN FIKIH (Studi Kasus Kajian Kitab Fathul Mu’in di Madrasah Putri Ghazaliyah Sarang Rembang)

AFIFAH, NUR (2019) IMPLEMENTASI KO KURIKULER MATA PELAJARAN FIKIH (Studi Kasus Kajian Kitab Fathul Mu’in di Madrasah Putri Ghazaliyah Sarang Rembang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (943kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (68kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (69kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (197kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (225kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (287kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)

Abstract

Mata pelajaran fikih (kajian kita fathul mu’in) yang hanya disampaikan satu jam perminggu dan satu kali pertemuan. Maka adanya usaha guru untuk memberikan pembelajaran yang dilakukan diluar jam pembelajaran yang bertujuan agar peserta didik lebih memahami, mendalami, dan menghayati tentang materi yang dipelajari dalam kegiatan intra kurikuler. Hal ini biasa disebut dengan kegiatan ko kurikuler. Madrasah Putri Ghozaliyah Sarang Rembang merupakan lembaga yang menyelenggarakan kegiatan kokurikuler di sekolah. Di Madrasah Putri Ghozaliyah menggunakan sumber belajar kitab salaf (kuning), yaitu kitab fathul mu’in yang diselenggarakan dengan kegiatan kokurikuler berupa kegiatan musyawarah (bahtsul masail) agar siswa mampu memahami mata pelajaran fikih dan mampu menjawab dari masalah- masalah perkembangan zaman yang terjadi di lingkungannya. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi ko kurikuler mata pelajaran fikih di Madrasah Putri Ghazaliyah Sarang Rembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi ko kurikuler mata pelajaran fikih di Madrasah Putri Ghazaliyah Sarang Rembang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif sehingga pengumpulan datanya menggunakan dokumentasi, observasi, dan wawancara kepada pihak yang bersangkutan. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yang meliputi tiga aspek yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian aspek perencanaan berjalan dengan baik sesuai dengan aspek pembelajaran kegiatan ko kurikuler dimulai dari materi, metode, dan evaluasi dari kegiatan ko kurikuler mata pelajaran fikih. Hal ini terlihat dengan tercapainya kegiatan pembelajaran yang optimal. Pada aspek pelaksanaan ko kurikuler berjalan dengan efektif karena sesuai dengan yang diharapkan dan mampu mencapai tujuan kegiatan. Hal ini terlihat adanya peningkatan prestasi mata pelajaran fikih dan anak mampu memiliki pemahaman yang luas akan ilmu fikih, dalam memecahkan masalah dalam kehidupan sehari- hari. Pada aspek evaluasi tidak terdapat kendala- kendala yang berarti dan dapat diselesaikan dengan baik. Sehingga dapat menunjukkan bahwa evaluasi kegiatan ko kurikuler mata pelajaran fikih yang dilakukan berjalan cukup signifikan. Dengan kata lain, kegiatan ko kurikuler mata pelajaran fikih efektif dilaksanakan di Madrasah Putri Ghazaliyah Sarang Rembang Kata kunci : Ko kurikuler, kajian kitab fathul mu’in

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 27 Dec 2019 06:53
Last Modified: 27 Dec 2019 06:53
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14260

Actions (login required)

View Item View Item