EFEKTIVITAS METODE ACTIVE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN AL-QURAN HADIS DI MA.THORIQOTUL ULUM PATI

ISTIQOMAH, NENENG (2019) EFEKTIVITAS METODE ACTIVE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN AL-QURAN HADIS DI MA.THORIQOTUL ULUM PATI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (111kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (14kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (514kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (300kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (21kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (548kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (90kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15kB)

Abstract

Metode active learning memberdayakan peserta didik agar mampu belajar secara aktif, tidak hanya pasif mendengarkan ceramah dari guru saja. Penggunaan metode active learning diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar peseta didik pada mata pelajaran al-Quran Hadis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah efektif atau tidak penggunaan metode active learning terhadap hasil belajar al-Quran Hadis di MA. Thoriqotul Ulum Pati. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data, observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment. Berdasarkan data penelitian diketahui penggunaan metode active learning tergolong baik dengan mean sebesar 82,9. Hasil belajar alQuran Hadis yang diperoleh dari nilai raport tergolong cukup baik dengan mean sebesar 85,3. Efektivitas metode active learning terhadap hasil belajar al-Quran Hadis dikatakan sangat rendah, hanya sebesar 1,69% dengan nilai rxy = 0,130. Hasil dari pengolahan data diperoleh bahwa r hitung < (0,130 < 0,361. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode active learning tidak efektif terhadap hasil belajar al-Quran Hadis di MA. Thoriqotul Ulum Pati. Kata Kunci : metode active learning, hasil belajar, al-Quran Hadis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 27 Dec 2019 06:29
Last Modified: 27 Dec 2019 06:29
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14245

Actions (login required)

View Item View Item