SYAHIDAH, ISNA AMALIA (2019) HUBUNGAN PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DAN SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 KUDUS. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (192kB) |
|
Text
Publikasi.pdf Download (244kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (29kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (229kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (2MB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (550kB) |
|
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (496kB) |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (506kB) |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) |
|
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) |
Abstract
Dalam penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui pembelajaran Aqidah Akhlak peserta didik kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kudus, 2) Untuk mengetahui sikap sosial peserta didik kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kudus, 3) Untuk mengetahui hubungan pembelajaran Aqidah Akhlak dan sikap sosial peserta didik kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kudus. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini merupakan peserta didik kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kudus dengan jumlah 379 peserta didik, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling atau pengambilan sampel acak sederhana, dengan rumus Suharsimi Arikunto sehingga diperoleh sampel sejumlah 38 peserta didik. Teknik pengumpulan data mengggunakan metode observasi, metode angket, dan metode dokumentasi. Uji coba instrumen dilakukan pada 38 peserta didik kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kudus. Metode analisis data meliputi analisis pendahuluan, analisis uji hipotesis dengan menggunakan korelasi Pearson Product Moment Corellation, serta analisis lanjutan. Hasil penelitian : 1) Pembelajaran Aqidah Akhlak peserta didik kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kudus dapat dikategorikan baik dengan nilai rata-rata hasil skala pembelajaran Aqidah Akhlak sebesar 70 dengan jumlah frekuensi 16 yang berada dalam interval 67-73 dengan kategori tinggi, dengan prosentase 42,10 %, 2) Sikap sosial peserta didik kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kudus dapat dikategorikan baik dengan nilai rata-rata hasil skala pembelajaran Aqidah Akhlak sebesar 69 dengan jumlah frekuensi 14 yang berada dalam interval 66-72 dengan kategori tinggi, dengan prosentase 36,84 %, 3) Terdapat korelasi positif yang signifikan antara dua variabel tersebut, berdasarkan hasil analisis peneliti menggunakan korelasi product moment, hubungan antara pembelajaran Aqidah Akhlak dan sikap sosial peserta didik kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kudus. Sehingga dapat diketahui “r” hasil = 0,875 sedangkan koefisien korelasi pada “r” table = 0,329 pada taraf signifikan 5% (0,05) karena koefisien, sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak sedangkan hipotesis kerja (Ha) diterima, berarti terdapat korelasi positif yang signifikan antara variabel X dengan variabel Y. Dengan demikian, terdapat hubungan antara pembelajaran Aqidah Akhlak dan sikap sosial peserta didik kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kudus. Kata kunci : Pembelajaran Aqidah Akhlak, Sikap Sosial
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 26 Dec 2019 06:44 |
Last Modified: | 26 Dec 2019 06:44 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14232 |
Actions (login required)
View Item |