Wicaksono, Zulfikar Gilang (2018) Model Pembelajaran Inkuiri dan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) (Studi Kasus Guru di SD N Kalibanteng Kidul 01 dan Kalibanteng Kulon 01 Kecamatan Semarang Barat). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
Cover.pdf Download (859kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (75kB) |
|
Text
Pernyataan_publikasi.pdf Download (126kB) |
|
Text
Daftarisi.pdf Download (166kB) |
|
Text
BabI.pdf Download (34kB) |
|
Text
BabII.pdf Restricted to Registered users only Download (438kB) |
|
Text
BabIII.pdf Restricted to Registered users only Download (94kB) |
|
Text
BabIV.pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) |
|
Text
BabV.pdf Restricted to Registered users only Download (850kB) |
|
Text
Daftar_pustaka.pdf Download (152kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (863kB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana cara mengetahui proses perencanaan, pelaksanaan dan penilaian model pembelajaran inkuiri dan pendekatan kontekstual di SDN Kalibanteng Kidul 01 dan Kalibanteng Kulon 01. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kasus yang terjadi pada saat proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang berlangsung di SD N Kalibanteng Kidul 01 dan Kalibanteng Kulon 01. Mengidentifikasikan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian model pembelajaran inkuiri dan pendekatan kontekstual di SD N Kalibanteng Kidul 01 dan Kalibanteng Kulon. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis penelitian lapangan, dalam penelitian ini peneliti diharuskan melakukan pengamatan langsung dilapangan. subjek pada penelitian ini adalah guru PAI SDN Kalibanteng Kidul 01 dan Kalibantenvg Kulon 01. Metode wawancara digunakan untuk mencatat percakapan atau jawaban dari nara sumber baik dari guru PAI maupun dengan yang bersangkutan. Dan metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang nama-nama guru, letak geografis dan sarana fisik serta situasi pelaksanaan model dan pendekatan pembelajaran guru PAI SDN Kalibanteng Kidul 01 dan Kalibanteng Kulon 01. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa perencanaan telah dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam di SDN Kalibanteng Kidul 01 dan Kalibanteng Kulon 01 sebelum melaksanakan model pembelajaran inkuiri dan pendekatan kontekstual. Pelaksanaan model pembelajaran inkuiri dan pendekatan kontekstual telah diimplementasikan pada kelas VI A dan VI C SD N Kalibanteng Kidul 01 dan kelas VI SD N Kalibanteng Kulon 01 saat mata pelajaran pendidikan agama Islam. Pada umumnya penilaian yang dilakukan oleh guru mata pelajaran pendidikan agama Islam terlihat bervariasi, untuk mendapatkan nilai dari peserta didik penilaian rata-rata dilakukan sebanyak dua kali walaupun Pak Mastukin melakukan penilaian sebanyak tiga kali. Dilihat dari hasil nilai yang didapat oleh para peserta didik, penggunaan model inkuiri dan pendekatan Kontekstual cenderung efektif untuk menjaga nilai para peserta didik. Kata kunci: Model Pembelajaran Inkuiri
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 26 Nov 2019 07:32 |
Last Modified: | 26 Nov 2019 07:32 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/13668 |
Actions (login required)
View Item |