Munir, Muhammad (2018) Strategi Guru dan Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Tahfidz Al Qur'an di MI Darun Najach Onggorawe Sayung Demak. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (302kB) |
|
Text
Pernyataan_publikasi.pdf Download (103kB) |
|
Text
Daftarisi.pdf Download (475kB) |
|
Text
BabI.pdf Download (376kB) |
|
Text
BabII.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BabIII.pdf Restricted to Registered users only Download (412kB) |
|
Text
BabIV.pdf Restricted to Registered users only Download (416kB) |
|
Text
BabV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
Daftar_pustaka.pdf Download (320kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (5MB) |
Abstract
Studi ini merupakan penelitian yang menganalisis mengenai strategi guru dan peran orangtua dalam pembelajaran tahfidh Al-Qur’an di MI Darun Najach Onggorawe Sayung Demak. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi guru dalam pembelajaran tahfidh Al Quran di MI Darun Najach Onggorawe Sayung Demak dalam hal guru sebagai uswah atau model, guru sebagai motivator, serta guru sebagai komunikator, juga mengenai peran orangtua dalam pembelajaran tahfidh dalam hal orangtua sebagai mu’allim, orangtua sebagai partner, serta orangtua sebagai mediator. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Studi dilakukan dengan dua sudut kajian, yaitu 1) teoritis dan 2) empiris. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di MI Darun Najach Onggorawe Sayung Demak yang berlokasi di Jl. Pelajar dusun Onggorawe desa Loireng kecamatan Sayung kabupaten Demak. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam, menggunakan dokumentasi dan rekaman. Adapun instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sebagai instrumen kunci (key instrument). Teknik analisis data adalah teknik analisis data mengalir dengan melalui dua tahap, pertama sewaktu pengumpulan data berlangsung, kedua setelah proses pengumpulan data selesai. Dari hasil penelitian diketahui bahwa strategi guru dan peran orangtua dalam pembelajaran tahfidh Al-Qur’an di MI Darun Najach Onggorawe Sayung Demak berkesimpulan sebagai berikut: 1) Strategi guru dalam pembelajaran tahfidh Al-Qur’an di MI Darun Najach Onggorawe Sayung Demak beragam, baik dalam hal strategi guru sebagai uswah/model, sebagai motivator, maupun sebagai komunikator dan berjalan efektif; 2) Peran orangtua dalam pembelajaran tahfidh Al-Qur’an di MI Darun Najach Onggorawe Sayung Demak beragam, baik dalam hal peran orangtua sebagai mu’allim, sebagai partner, maupun sebagai mediator dan berjalan efektif. Kata kunci: Tahfidh Al-Qur’an, MI Darun Najach, Strategi guru, Peran orangtua.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 26 Nov 2019 07:26 |
Last Modified: | 26 Nov 2019 07:26 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/13656 |
Actions (login required)
View Item |