ANALISIS KUALITAS LAYANAN DAN STRATEGI PENGEMBANGAN LOKASI WISATA BUDAYA DI KABUPATEN PATI

SUYANTI, SUYANTI (2018) ANALISIS KUALITAS LAYANAN DAN STRATEGI PENGEMBANGAN LOKASI WISATA BUDAYA DI KABUPATEN PATI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (792kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (69kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (101kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (267kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (11kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (110kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (12MB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB)

Abstract

Pati merupakan salah satu Kota yang ada di Provinsi Jawa Tengah dengan tingkat potensi pariwisata yang tergolong cukup besar. Potensi wisata tersebut terdiri dari lima jenis yaitu wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah, wisata buatan, dan wisata minat khusus. Besarnya potensi wisata yang ada akan mendorong perkembangan perekonomian suatu daerah jika dapat mengelola potensi yang ada dengan semaksimal mungkin. Diantaranya dengan perbaikan sarana prasarana dan fasilitasuntuk mendukung potensi wisata yang ada terutama wisata budaya sehingga dapat berkembang dan jumlah pengunjung meningkat. Dalam waktu 6 tahun terakhir wisata budaya mengalami penurunan jumlah wisatawan, dimana penurunannya cukup besar dibandingkan dengan jenis wisata lain seperti wisata alam, wisata sejarah, wisata buatan, dan wisata minat khusus yang cenderung mengalami peningkatan jumlah wisatawan dalam setiap tahunnya. Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan bahwa dengan menggunakan metode Tourservqual menghasilkan total gap pada seluruh atribut pelayanan sebesar -49.9 dengan rata – rata gap -0.85. Hasil analisis kondisi faktor interna dan eksternal diperoleh di kuadran I pada analisis SWOT.Hasil QSPM digunakan untuk mengatasi gap pelayanan di kuadran I pada diagram IPA. Strategi tersebut adalah Menambahkan fasilitas yang belum tersedia dilokasi wisata budaya seperti kotak P3k, Mushola, tempat istirahat, pos keamanan, toilet yang dibutuhkan wisatawan saat berkunjung, Merekrut petugas keamanan guna menunjang rasa aman kepada wisatawan yang berkunjung dan melindungi aset budaya, Mempertahankan mutu kualitas pelayanan dengan memberikan bekal tata cara pelayanan yang beda pada umumnya dilokasi wisata budaya kepada petugas wisata untuk membuat differensiasi dengan pelayanan jenis wisata lain, Mengembangkan lokasi wisata budaya dengan memanfaatkan lahan yang masih seperti dengan membuat taman dilokasi wisata, menambahkan wahana baru seperti wahana olahraga, tempat olahraga, tempat pertunjukkan pentas seni budaya daerah Pati, dan Gazebo agar wisata budaya terlihat lebih menarik, Menerapkan standarisasi peraturan pelayanan kepada wisatawan agar petugas dapat melayani wisatawan dengan professional, Memberikan pembinaan dan pelatihan kepada petugas wisata agar lebih berkompeten dalam memberikan pelayanan, Memberikan sosialisai kepada masyarakat untuk meningkatkan kreativitas seperti mengadakan event – event yang menyangkut budaya Pati misal mengadakan melukis batik bareng, pameran pusaka yang ada di Pati, dan pameran benda – benda bersejarah yang ada di Pati, bekerjasama dengan masyarakat sekitar lokasi wisata untuk melakukan pengembangan, menjaga dan merawat lokasi wisata budaya seperti gotong royong membersihkan maupun membuat fasilitas baru dilokasi wisata baru, menerapkan peraturan guna menjaga keaslian dan nilai kebudayaan dari lokasi wisata budaya Pati, dean petugas wisata memberikan pelayanan khusus seperti petugas wisata memberikan waktu khusus untuk sharing – sharing dengan wisatawan baik sharing kesan pesan untuk lokasi wisata maupun tentang lokasi wisata budaya sendiri. Kata Kunci : Analisis SWOT, Kualitas Pelayanan, Matrik QSPM, Strategi, Tourservqual, Wisata Budaya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 21 Nov 2019 01:45
Last Modified: 21 Nov 2019 01:45
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/13577

Actions (login required)

View Item View Item