PEMILIHAN STRATEGI PEMASARAN PADA DEALER MOTOR SUZUKI DENGAN PENDEKATAN METODE ANALITHICAL NETWORK PROCESS (ANP) DAN BENEFIT OPPORTUNITIES COST RISK (BOCR) (Studi kasus PT. Sejahtera Motor Gemilang Cabang Pati)

SA’ADAH, CHILYATUS (2018) PEMILIHAN STRATEGI PEMASARAN PADA DEALER MOTOR SUZUKI DENGAN PENDEKATAN METODE ANALITHICAL NETWORK PROCESS (ANP) DAN BENEFIT OPPORTUNITIES COST RISK (BOCR) (Studi kasus PT. Sejahtera Motor Gemilang Cabang Pati). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (96kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (115kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (433kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (302kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (197kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dealer Motor Suzuki Indosun Semarang-Pati merupakan perusahaan usaha jasa perdagangan sepeda motor Suzuki cabang dari PT. Sejahtera Motor Gemilang yang ada di Semarang. Dealer indosun motor berlokasi di Jl. Dr. Susanto No.80, Pati Lor, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati Jawa tengah. Hampir semua jenis motor keluaran suzuki terdapat di dealer mulai dari motor matic, motor bebek sampai motor gede disediakan dan tidak hanya menyediakan motor baru dealer ini juga dilengkapi tempat servis dan pembelian sparepart motor. Persaingan dalam dunia bisnis tentu tidak asing lagi,apalagi dalam dunia otomotif tentu perkembangannya sangat pesat. Strategi pemasaran memiliki peran penting pada suatu perusahaan, demikian juga bagi Dealer Motor Suzuki Indosun Semarang-Pati. Walaupun masih terdapat konsumen yang fanatik dengan brand suzuki akan tetapi tingkat penjualan motor suzuki masih tertinggal jauh dengan brand pesaing. Banyaknya pesaing juga dapat menyebabkan penurunan penjualan pada dealer, sehingga saat ini dealer membutuhkan strategi pemasaran yang diharapkan dapat meningkatkan penjualan. Maka dari itu, diperlukan adanya suatu pemilihan strategi pemasaran pada deler Motor Suzuki Indosun Semarang-Pati dengan mengidentifikasi serta menentukan kriteria dan subkriteria yang dapat mempengaruhi pada proses pemilihan strategi pemasaran dengan menggunakan metode Analitycal Network Process (ANP) dan Benefit Opportunity Cost and Risk (BOCR). Analitycal Network Process (ANP) merupakan teori matematis yang mampu menganalisa pengaruh dengan pendekatan asumsi-asumsi untuk menyelasaikan bentuk permasalahan pengambilan keputusan. Sedangkan BOCR merupakan analisa kondisi sekarang dan kondisi yang akan datang, dan memungkinkan dapat terjadi. Hasil penelitian ini, Alternatif strategi pemasaran yang terpilih berdasarkan metode ANP dan BOCR dengan menggunakan 3 alternatif strategi Porter yang memiliki nilai realistic tertinggi baik prioritas jangka pendek dan jangka panjang adalah strategi differentiation. Sedangkan hasil perangkingan hasil bobot subkriteria yang dilakukan dengan metode ANP menggunakan model utama menunjukkan bahwa subkriteria peran dan status masyarakat memiliki bobot yang paling tinggi dari subkriteria lain, Sehingga dapat diketahui bahwa peran dan status masyarakat memiliki pengaruh besar untuk subkriteria yang lain. Dan juga sebagai penunjang dari strategi differentiation, yang keduanya sangat berpengaruh. Kata kunci : Strategi pemasaran, Analythical Network Process, Benefit, Opportunity, Cost and Risk, dealer motor suzuki indosun smg-pati

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 19 Nov 2019 07:31
Last Modified: 19 Nov 2019 07:31
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/13555

Actions (login required)

View Item View Item