Utomo, Andri Widya (2018) PENGARUH KOMPENSASI BONUS, LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (154kB) |
|
Text
Pernyataan_publikasi.pdf Download (343kB) |
|
Text
Daftarisi.pdf Download (305kB) |
|
Text
BabI.pdf Download (28kB) |
|
Text
BabII.pdf Restricted to Registered users only Download (146kB) |
|
Text
BabIII.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) |
|
Text
BabIV.pdf Restricted to Registered users only Download (577kB) |
|
Text
BabV.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) |
|
Text
Daftar_pustaka.pdf Download (23kB) |
Abstract
Informasi perusahaan dibutuhkan bagi pihak internal maupun eksternal. Oleh karena itu, manajer sebagai pihak yang paling mengerti tentang kondisi perusahaan tentunya akan menyajikan laba yang terbaik bagi perusahaan tersebut. Asimetri informasi terjadi karena manajer menjadi pihak yang lebih banyak tahu dibandingkan dengan para pemegang saham. Sehingga manajer akan bertindak untuk memaksimalkan kepentingannya sendiri dan menyembunyikan informasi yang tidak diketahui oleh pemegang saham. Dengan adanya asimetri antara manajemen dan pemegang saham memberikan kesempatan manajer untuk melakukan manajemen laba. Ada tiga hal yang memotivasi dilakukannya manajemen laba, yaitu kompensasi bonus, leverage, dan ukuran perusahaan. Manajemen laba dilakukan oleh manajer agar jumlah kompensasi bonus yang dihasilkan oleh perusahaan semakin tinggi. Leverage yang tinggi akan menghasilkan manajemen laba yang tinggi agar perusahaan tetap mendapat kepercayaan dari investor. Sedangkan perusahaan besar akan mendapat perhatian lebih dari pemerintah sehingga harus melakukan manajemen laba untuk meminimalkan laba perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kompensasi bonus, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah manajemen laba, sedangkan variabel independen dalam penelitian ini adalah kompensasi bonus, leverage, dan ukuran perusahaan. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang go public dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Periode penelitian yang diambil adalah tahun 2014-2016. Dengan menggunakan teknik purposive sampling dan sesuai dengan kriteria yang ada, maka diperoleh sampel sebanyak 156 observasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan uji asumsi klasik. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan, diperoleh tiga hasil yaitu kompensasi bonus berpengaruh positif signifikan terhadap manajemen laba. Leverage berpengaruh negatif signifikan terhadap manajemen laba. Sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap manajemen laba. Kompensasi bonus dan leverage memiliki pengaruh terhadap manajemen laba, sedangkan ukuran perusahaan tidak memiliki pengaruh terhadap manajemen laba. Kata kunci : kompensasi bonus, leverage, manajemen laba, ukuran perusahaan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Fakultas Ekonomi > Akuntansi |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 19 Nov 2019 02:02 |
Last Modified: | 19 Nov 2019 02:02 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/13429 |
Actions (login required)
View Item |