MANAGEMEN PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN ASKHABUL KAHFI POLAMAN, MIJEN, SEMARANG

NADLIRIN, NADLIRIN (2018) MANAGEMEN PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN ASKHABUL KAHFI POLAMAN, MIJEN, SEMARANG. Masters thesis, Fakultas Agama Islam.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BabI.pdf

Download (110kB) | Preview
[img] Text
BabII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB)
[img] Text
BabIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text
BabIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text
BabV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar_pustaka.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftarisi.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pernyataan_publikasi.pdf

Download (151kB) | Preview

Abstract

Pondok Pesantren Askhabul Kahfi, Polaman, Mijen, Semarang, berada di bawah naungan Yayasan Askahbul Kahfi Semarang merupakan sebuah lembaga pendidikan non formal dengan model salafiyah-khalafiyah syumuliyah atau intgratif. Landasan penyelenggaraan pendidikan pondok pesantren mengacu pada UU No.30 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional. Permaslahan yang masih dihadapi adalah mengenai managemen administratif kurikulum pendidikan, baik aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan, maupun managemen operatif keuangan dan sarana pasarana pendidikan sudah dikelola namun belum berjalan semestinya. Apabila keduanya yaitu; managemen administratif kurikulum pendidikan dan managemen operatif pendidkan di pondok pesantren pesantren Askhabul Kahfi Polaman, Mijen, Semarang dikelola dengan baik, maka pendidikan di pondok pesantren tersebut terus dapat berkambang dan lebih maju, di tengah persaingan pendidikan non formal lain yang lebih modern. Oleh sebab itu, fungsi managemen administratif kurikulum pendidikan dan managemen operatif kurikulum pendidikan di pondok pesantren memiliki peran penting untuk dikelola dengan benar agar pondok pesantren dapat berjalan dengan baik, sehingga tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai. Tujuan penelitian ini adalah: (1). untuk mendeskripsikan penerapan managemen administratif kurikulum pendidikan di Pondok Pesantren Askhabul Kahfi Polaman, Mijen, Semarang.; (2). untuk mendeskripsikan penerapan managemen operatif kurikulum pendidikan di Pondok pesantren Askhabul Kahfi Polaman, Mijen, Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Peneliti menganalisa data menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode dalam penelitian yaitu: observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi dengan melibatkan pengasuh, pengurus, ustadz, ustadzah dan santri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan managemen administratif kurikulum pendidikan di pondok pesantrean Askhabul Kahfi Polaman, Mijen Semarang, dilihat dari aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan pendidikan sudah berjalan dengan baik. Demikian pula dengan managemen operatif kurikulum pendidikan di pondok pesantrean Askhabul Kahfi Polaman, Mijen Semarang dilihat dari aspek managemen keuangan pendidikan, dan sarana prasarana pendidikan di pondok pesanttren Askhabul Kahfi Polaman, Mijen, Semarang baik perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan sudah berjalan dengan baik. Kata Kunci: Managemen, Administratif, Operatif, Pendidikan, Pondok Pesantren, Askhabul Kahfi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Apr 2019 01:58
Last Modified: 30 Apr 2019 01:58
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/12537

Actions (login required)

View Item View Item