Munna, Habibul (2018) HUBUNGAN IKLIM KELAS DAN KETANGGUHAN DALAM BELAJAR (ACADEMIC HARDINESS) DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS X IPA DI MAN X DEMAK. Undergraduate thesis, Fakultas Psikologi UNISSULA.
|
Text
Abstrak.pdf Download (287kB) | Preview |
|
|
Text
babI.pdf Download (274kB) | Preview |
|
Text
babII.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) |
||
Text
babIII.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) |
||
Text
babIV.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) |
||
|
Text
Cover.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
Daftarisi.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
lampiran.pdf Download (931kB) | Preview |
|
|
Text
pernyataan_publikasi.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara iklim kelas dan ketangguhan dalam belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X IPA di MAN X Demak. Penelitian menggunakan metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 80 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Pengambilan data menggunakan dokumentasi nilai ujian tengah semester matematika serta dua skala yaitu skala iklim kelas dan skala ketangguhan dalam belajar. Skala iklim kelas berjumlah 33 aitem dengan rentang daya beda 0,337-0,737 dan α = 0,918. Skala ketangguhan dalam belajar berjumlah 29 aitem dengan rentang daya beda 0,320-0,660 dan α = 0,869. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi dua prediktor dan korelasi parsial. Teknik korelasi parsial digunakan untuk hipotesis kedua dan ketiga. Hasil uji hipotesis pertama menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara iklim kelas dan ketangguhan dalam belajar dengan prestasi belajar matematika, R = 0,627, F hitung = 24,917 dengan taraf signifikansi p = 000 (pada p<0,01). Hasil uji hipotesis kedua diterima menunjukkan ada hubungan positif signifikan iklim kelas dengan prestasi belajar matematika, ryx1-x2 = 0,574 dengan taraf signifikansi p = 0,000 (pada p<0,01). Selanjutnya hasil uji hipotesis ketiga ditolak menunjukkan ada hubungan negatif yang signifikan antara ketangguhan dalam belajar dengan prestasi belajar matematika, ryx1-x2 = - 0,053 dengan taraf signifikansi p = 0,000 (pada p<0,01). Hasil koefisien determinasi (r2) 0,393 menunjukkan sumbangan efektif terhadap prestasi belajar matematika sebesar 39,3%. Iklim kelas memberi pengaruh sebesar 38,8% sedangkan ketangguhan dalam belajar sebesar 0,47% sisanya 60,7% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata kunci: iklim kelas, ketangguhan dalam belajar, prestasi belajar matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) |
Divisions: | Fakultas Psikologi Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 30 Apr 2019 01:46 |
Last Modified: | 30 Apr 2019 01:46 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/12319 |
Actions (login required)
View Item |