TINJAUAN YURIDIS TERHADAP KEDUDUKAN PEKERJA PEREMPUAN DALAM PERUSAHAAN DI PT.DJARUM BERDASARKAN UU NO. 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN

Adigita, Monicha Rossalia (2018) TINJAUAN YURIDIS TERHADAP KEDUDUKAN PEKERJA PEREMPUAN DALAM PERUSAHAAN DI PT.DJARUM BERDASARKAN UU NO. 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum UNISSULA.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftar isi.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab I.pdf

Download (264kB) | Preview
[img] Text
5_bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB)
[img] Text
6_bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text
7_bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
8_daftar putaka.pdf

Download (226kB) | Preview

Abstract

Permasalahan mengenai hak-hak pekerja/buruh perempuan masih sering terjadi.Seperti tidak adanya tempat untuk menyusui, tidak diperbolehkannya cuti hamil, melahirkan dan keguguran, diskriminasi terhadap pekerja/buruh perempuan,tidak adanya cuti haid bagi pekerja/buruh perempuan yang merasakan sakit saat hari pertama dan kedua haid, dll. Permasalahan tersebut menunjukkan bahwa tidak terpenuhinya hak-hak khusus bagi pekerja/buruh perempuan yang telah diatur dalam Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan. Sehingga penulis tertarik melakukan penelitian guna penyusunan skripsi dengan judul “ Tinjauan Yuridis Terhadap Kedudukan Pekerja Perempuan Dalam Perusahaan Di PT. Djarum Berdasarkan UU No. 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan.” Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk dapat mengetahui pelaksanaan kedudukan perempuan di PT. Djarum, (2) untuk mengetahui hak-hak yang telah diterima oleh para pekerja/buruh perempuan yang sesuai dengan Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan, (3) untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi terhambatnya pelaksanaan hak-hak yang seharusnya diterima oleh para pekerja/buruh perempuan dan solusi yang dapat diberikan.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian yuridis sosiologis dan yuridis normatif yang menggunakan Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan serta peraturan hukum lainnya dan melihat realitas yang terjadi di PT. Djarum. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan teknik studi pustaka, yaitu dengan meneliti secara kritis dan mempelajari studi pustaka yang berkaitan dengan permasalahan yang ada, serta menggunakan teknik studi lapangan, yaitu dengan melakukan wawancara serta membagikan kuesioner kepada narasumber.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Kedudukan pekerja/buruh perempuan yang ada di PT. Djarum tidak dibedakan dengan kedudukan pekerja/buruh laki-laki, sesuai dengan kemampuan bekerja para pekerja/buruh; (2) PT. Djarum telah melakukan kewajibannya dengan memenuhi hak-hak para pekerja/buruh perempuan sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan; (3) Faktor-faktor yang menghambat terpenuhinya hak-hak pekerja/buruh perempuan berasal dari dua pihak, yaitu pihak perusahaan dan para pekerja/buruh perempuan itu sendiri. Hambatan dari pihak perusahaan diakui tidak ada, sedangkan yang berasal dari pihak pekerja/buruh perempuan terdapat beberapa hambatan untuk pemenuhan hak-hak pekerja/buruh perempuan tetapi dalam pelaksanaannya dapat diatasi hambatan-hambatan tersebut. Kata Kunci : Undang-Undang Republik Indonesia No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, PT. Djarum, hak-hak pekerja/buruh perempuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Oct 2018 02:45
Last Modified: 30 Oct 2018 02:45
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11768

Actions (login required)

View Item View Item