ANALISIS POSTUR KERJA KARYAWAN KANTOR MENGGUNAKAN METODE ROSA (RAPID OFFICE STRAIN ASSESMENT) (STUDI KASUS: PT GUNUNG CAHAYA UTAMA SEMARANG)

Purnawan, Hajar (2018) ANALISIS POSTUR KERJA KARYAWAN KANTOR MENGGUNAKAN METODE ROSA (RAPID OFFICE STRAIN ASSESMENT) (STUDI KASUS: PT GUNUNG CAHAYA UTAMA SEMARANG). Undergraduate thesis, Fakultas Teknologi Industri UNISSULA.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB 1.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (892kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (204kB) | Preview

Abstract

PT. Gunung Cahaya Utama adalah perusahaan yang memproduksi pipa paralon, yang berlokasi di Kawasan Industri Terboyo MK-4/ B324 Kecamatan Genuk, Semarang. Jenis pipa paralon yang dihasilkan berupa pipa paralon putih, abu dan falon. Dalam melakukan pekerjaannya PT. Gunung Cahaya Utama menggunakan komputer sebagai salah satu alat utama dalam bekerja. PT. Gunung Cahaya Utama mempunyai ruangan staff kantor yang khusus untuk karyawan yang bekerja menggunakan komputer yang terdiri dari 6 karyawan diantaranya admin purchasing, admin piutang, finance , kasir, staf pajak dan admin pembelian. Berdasarkan hasil survey yang telah dilakukan di bagian staff kantor PT. Gunung Cahaya Utama terdapat keluhan-keluhan yang dirasakan karyawan saat bekerja menggunakan komputer yaitu diantaranya keluhan pada lutut kiri dan lutut kanan, keluhan pada punggung dan pinggang, keluhan pada leher, bahu, pantat ,lengan, betis kiri dan jari-jari tangan. Keluhan tersebut mengindikasikan terdapat ketidaknyamanan pekerja dalam bekerja menggunakan komputer. Keluhan yang dirasakan oleh pekerja dapat diminimalkan dengan cara mengetahui dan mengidentifikasi postur kerja pada pekerja dalam menggunakan komputer. Identifikasi tersebut digunakan untuk mengetahui kondisi pekerja dan mengetahui penyebab keluhan yang dirasakan oleh pekerja dan tingkat resikonya. Metode ROSA merupakan suatu metode pengambilan keputusan yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi dan menganalisis postur kerja pekerja dalam menggunakan komputer. Berdasarkan hasil analisis postur kerja yang telah dilakukan dan menghasilkan skor akhir diketahui bahwa seluruh pekerja yang menggunakan komputer pada bagian Staff Kantor PT. Gunung Cahaya Utama memiliko resiko berbahaya karena memiliki skor akhir ROSA lebih dari 5, sehingga perlu dilakukan perbaikan dalam waktu dekat. Faktor penyebab tingginya nilai resiko atas keluhan yang dirasakan karyawan yaitu fasilitas yang digunakan pekerja kurang memadai faktor yang kedua yaitu kurangnya kesadaran karyawan untuk menggunakan fasilitas yang telah ada dengan benar dan juga kurangnya kesadaran akan pentingnya penerapan ergonomi dalam dunia kerja. Serta lamanya penggunaan komputer saat bekerja ikut mempengaruhi tingginya resiko yang dirasakan karyawan. Kata Kunci : Keluhan karyawan, Komputer, Metode ROSA, Postur Kerja, Skor Akhir ROSA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 30 Oct 2018 02:34
Last Modified: 30 Oct 2018 02:34
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11650

Actions (login required)

View Item View Item