DESIGN OF ROAD AND RUNWAY PAVEMENT USING CAKAR AYAM FOUNDATION

MARETTA, AIFA CHRINSKY and HAPSARI, GARIT DANI (2018) DESIGN OF ROAD AND RUNWAY PAVEMENT USING CAKAR AYAM FOUNDATION. Undergraduate thesis, Fakultas Teknik UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (638kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (174kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kinerja perkerasan jalan sangat dipengaruhi oleh kualitas tanah dasar di mana perkerasan diletakkan. Semakin baik kualitas tanah dasar akan semakin baik kinerja perkerasan jalan atau semakin panjang umur jalan, dan sebaliknya. Ruas jalan yang menghubungkan kota Semarang dengan kota Purwodadi, kondisi perkerasannya selalu dalam keadaan rusak. Hal ini disebabkan perkerasan ruas jalan tersebut terletak di atas tanah lempung yang sangat ekspansif mempunyai kembang-susut yang sangat besar. Usaha-usaha untuk memperbaiki tanah lempung tersebut telah banyak dilakukan, antara lain dengan stabilisasi tanah dengan kapur, semen, atau pasir, dan juga melalui cara mekanis, namun semua usaha tersebut tidak ada yang berhasil dengan baik dan kondisi jalan tetap rusak. Pada tugas akhir ini dikaji penggunaan pondasi Cakar Ayam, sebagai pengganti fungsi tanah dasar perkerasan jalan. Dalam penggunannya, Cakar Ayam akan sedikit dimodifikasi yaitu dengan memperpendek jarak antar pipa pondasi. Diambil 3 sample tanah yang mempunyai nilai California Bearing Ratio (CBR), CBR < 2 % dengan rata – rata CBR 1,3 %, CBR 2 – 3 % dengan rata – rata CBR 2,2 % dan CBR > 3 % dengan rata – rata CBR 3,7 %. Dihitung dengan menggunakan rumus Terzaghi untuk mendapatkan daya dukung di dalam pipa pondasi Cakar Ayam. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa daya dukung tanah di dalam pipa cakar ayam meningkat, yang apabila diukur dengan nilai CBR semula 1.3% menjadi 2.2%, 2.2% menjadi 2.8% dan 3.7% menjadi 4%. Pondasi cakar ayam berdimensi diameter pipa 1.20 meter dan kedalaman atau ketinggian pipa 4.00 meter dapat menahan jumlah lalu lintas sebesar 309 juta ekivalen beban sumbu 8.16 ton yang dapat mencapai umur perkerasan 15 tahun. Tebal perkerasan jalan dihitung menggunakan metode AASHTO 1993 baik untuk perkerasan flexibel dan rigid, untuk tebal perkerasan pada runway menggunakan metode Portland Cement Association (PCA)dan Equivalent Single Wheel Load (ESWL). Ketebalan struktur perkerasan dengan menggunakan pondasi cakar ayam juga lebih ekonomis apabila dibandingkan dengan tebal perkerasan dengan menggunakan tanah dasar dari tanah asli. Dapat disimpulkan bahwa pondasi cakar ayam tidak hanya dapat digunakan sebagai pondasi bangunan yang tinggi dengan beban momen, tetapi juga dapat digunakan sebagai pondasi perkerasan jalan yang tidak mempunyai beban momen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 29 Oct 2018 04:56
Last Modified: 29 Oct 2018 04:56
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11593

Actions (login required)

View Item View Item