PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN COLOURS CARD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN

Ibadatun, Siti (2018) PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN COLOURS CARD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci: Make a Macth, Colours Card, berpikir kreatif. Kemampuan berpikir kreatif sangat penting bagi keberhasilan dalam belajar dan keberhasilan hidup. Kemampuan berpikir kreatif adalah kemampuan siswa dalam memahami masalah dan menemukan penyelesaian dengan pembelajaran Make a Match berbantuan Colours Card, dimana siswa mencari pasangan sambil belajar mengenai suatu konsep dibantu dengan Colours Card. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa pada pokok bahasan lingkaran kelas VIII dengan pembelajaran Make a Match berbantuan Colours Card mencapai ketuntasan klasikal 80%, mengetahui perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa dengan pembelajaran Make a Match berbantuan Colours Card pada pokok bahasan lingkaran lebih baik dari rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa dengan pembelajaran Jigsaw, dan mengetahui adanya pengaruh positif aktivitas belajar siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dengan pembelajaran Make a Match berbantuan Colours Card. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Al-Fattah Semarang tahun ajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini diambil secara cluster random sampling, didapat kelas VIII B sebagai kelas Eksperimen dengan pembelajaran Make a Match berbantuan Colours Card dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol dengan pembelajarn Jigsaw. Kelas IX A sebagai kelas uji coba. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah meode tes, observasi dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan uji normaslitas, uji homogenitas, uji ketuntasan klasikal, uji independent sampel t-test, uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa dengan pembelajaran Make a Match berbantuan Colours Card mencapai ketuntasan klasikal sebesar 88% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 22 dari 25 siswa (2) rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa dengan pembelajaran Make a Match berbantuan Colours Card sebesar 77,00 dan rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa dengan pembelajaran Jigsaw sebesar 70,51 (3) terdapat pengaruh positif aktivitas belajar siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dengan pembelajaran Make a Match berbantuan Colours Card sebesar 78,4% melalui regresi Y ̂=53,133+1,065 x, sedangkan 21,6% dipengaruhi oleh gaya belajar, motivasi belajar, sikap siswa, dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 05 Oct 2018 04:09
Last Modified: 05 Oct 2018 04:09
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11476

Actions (login required)

View Item View Item