Faizah, Nur (2018) IDENTIFIKASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN PERTANYAAN SOCRATIK MATERI LINGKARAN SMP FATHUL HUDA. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
COVER.pdf Download (646kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (190kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (377kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (510kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (100kB) |
Abstract
Kemampuan yang sedang dibutuhkan saat ini yaitu kemampuan berpikir kritis. Pentingnya pembiasan kemampuan berpikir kritis supaya siswa mampu menghadapi perkembangan dimasa yang datang dan segala hal yang dapat membahayakan kehidupan siswa. kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan yang selalu ingin tahu terhadap informasi yang ada serta memahami secara mendalam sehingga didapat suatu kesimpulan yang valid dari berbagai aspek dan sudut pandang. Model problem solving dengan pertanyaan socratik diterapkan supaya pembelajaran dapat dapat membimbing siswa mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, yang bertujuan untuk mengidentifikasikan kemampuan berpikir kritis siswa. Tehnik pengambilan subjek yaitu dengan menggunakan purposive sample yang diperoleh 4 siswa perwakilan kelas VIII A tahun pelajaran 2017/2018 dengan kriteria kemampuan tinggi dan rendah. peneliti menggunakan metode pemberian tes kemampuan berpikir kritis kepada 42 siswa dan mewawancarai 4 siswa yang telah dipilih menjadi subjek. Penelitian ini mengacu pada indikator berpikir kritis menurut Ennis (1996) yang biasa disebut FRISCO. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 42 siswa yang mengikuti tes kemampuan berpikir kritis dengan melihat tingkat kemampuan siswa maka, sebanyak 29 siswa dengan tingkat kemampuan tinggi dan 13 siswa dengan kemampuan rendah. Siswa dengan kemampuan tinggi dapat melalui tahap focus, inference, situation, clarity dan overview. Sedangkan siswa kemampuan rendah hanya mampu melalui tahap situation. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan guru memberikan soal dan model pembelajaran yang tepat supaya dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kritis, Model Problem Solving dan Pertanyaan Socratik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 05 Oct 2018 04:09 |
Last Modified: | 05 Oct 2018 04:09 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11473 |
Actions (login required)
View Item |