PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTU VIDEO MATCH TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD KARANGROTO 01

Mahatsari, Sany Wulan Suci (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTU VIDEO MATCH TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD KARANGROTO 01. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (305kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (732kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)

Abstract

Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa secara garis umum masih rendah, maka invasi-inovasi pembelajaran sangat diperlukan, untuk meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa. Salah satu inovasi nya yaitu dengan memberikan Pendekatan Saintifik, Pendekatan Saintifik merupakan pendekatan ilmiah dimana siswa belajar mencari informasi dengan sendiri, hal ini menimbulkan pemahman dalam menguasai konsep matematika. Selain itu penggunaan media juga diperlukan guna memberikan motivasi belajar kepada siswa, agar tidak mengalami kejenuhan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan pendekatan saintifik berbantu video match terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika dan motivasi belajar siswa kelas V SD Karangroto 01. Dengan perlakuan memberikan tes kemudian mengolah data. Data yang diperoleh kemudian dianalisi untuk mendapatkan hasil serta menjawab hipotesis, adapun uji hipotesis yaitu pengaruh dengan regresi linier sederhana, dan uji z proporsi, uji (t) ketuntasan belajar pemahaman konsep. Hasil analisis hipotesis dapat disimpulkan bahwa (1) nilai regresi sebesar Y= 30.337+0.547X, artinya jika ada motivasi belajar siswa maka akan mengakibatkan naiknya kemampuan pemahaman konsep matematika. (2) Ketuntasan Belajar Pemahaman konsep ≥ 65 dengan perolehan t_hitung>- t_tabel, maka 0.123 > -2.032. dengan dk-1 dan taraf signifikan 5%. Serta memenuhi ketuntasan kalsikan ≥ 65% dengan perolehan z_(hitung )>- z_tabel. Dimana 1.506 > -1.64. dari hasil perhitungan dan analisis data yang ada maka diperoleh terdapat pengaruh motivasi belajar pada pembelajaran dengan pendekatan saintifik berbantu video match terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa, dan pemahaman konsep matematika siswa di SD Karangroto 01 dengan pendekatan saintifik berbantu video match dapat memenuhi KKM. Kata Kunci : Pendekatan Saintifik, video match, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 05 Oct 2018 04:11
Last Modified: 05 Oct 2018 04:11
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11456

Actions (login required)

View Item View Item