PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD

Khawa, Puji Hapsari (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (303kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (718kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah dan penugasan). Metode penelitian menggunakan eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design pre test dan post test pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Sampel yang diambil yaitu kelas VA (30) dan kelas VB (31), dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumnetasi. Teknik analisis data menggunakan uji-t hasil kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan taraf 0,05 terbukti hasil hipotesis –ttabel ≤ thitung ≥ ttabel yaitu -2,001 ≤ 4,096 ≥ 2,001 maka Ha diterima artinya bahwa kedua kelas memiliki rata-rata yang tidak sama. Hal ini menandakan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa antara siswa yang menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah dan penugasan). Dapat disimpulkan bahwa model pembelajarn inkuiri dapat mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa dengan persentase ketuntasan nilai kemampuan berpikir kritis sebesar 55% pada kelas eksperimen dan pada kelas kontrol sebesar 27%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, saran yang dapat peneliti sampaikan bahwa model pembelajaran inkuiri dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran IPA. Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 05 Oct 2018 04:11
Last Modified: 05 Oct 2018 04:11
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11450

Actions (login required)

View Item View Item