PENGARUH METODE PEMBELAJARAN FIRING LINE TERHAP SIKAP KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V PADA SUBTEMA PERISTIWA KEBANGSAAN SEPUTAR PROKLAMASI KEMERDEKAAN DI SDN GEBANGSARI 02 SEMARANG

Puspitasari, Nelli (2018) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN FIRING LINE TERHAP SIKAP KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V PADA SUBTEMA PERISTIWA KEBANGSAAN SEPUTAR PROKLAMASI KEMERDEKAAN DI SDN GEBANGSARI 02 SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (166kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sikap kerjasama dan prestasi belajar siswa secara umum masih kurang, diperlukan inovasi pembelajaran yang dapat menjadikan sikap kerjasama dan prestasi belajar menjadi lebih baik. Metode Firing Line digunakan sebagai metode yang dapat melibatkan seluruh aktivitas dan kerjasama siswa dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode Firing Line terhadap sikap kerjasama dan prestasi belajar siswa kelas V di SDN Gebangsari 02 Semarang. Data yang diperoleh dianalisis untuk uji hipotesis yaitu uji independent sample t-test, paired t-tes, dan uji manova. Hasil analisis data akhir diperoleh kesimpulan bahwa: (1) nilai angket sikap kerjasama siswa pada kelas kotrol rata-rata 76,66 sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 82,88 (2)rata-rata nilai prestasi belajar siswa pada kelas eksperimen sebelum diberi perlakuan sebesar 65,00 setelah diberi perlakuan sebesar 83,88. Uji hipotesis independent sample t-tes menunjukkan bahwa nilai sig < α, nilai yang diperoleh 0,000 < 0,05 berarti ada pengaruh metode firing line terhadap sikap kerjasama siswa. Pada uji paired t-test menunjukkan bahwa nilai sign < α, nilai sig 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode firing line terhadap prestasi belajar siswa. Sedangkan pada uji manova menunjukkan bahwa nilai sig 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa terdapat pengaruh metode firing line terhadap sikap kerjasama dan prestasi belajar siswa. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa metode firing line berpengaruh terhadap sikap kerjasama dan prestasi belajar siswa. Kata Kunci : Metode Firing Line, Sikap Kerjasama, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 05 Oct 2018 04:18
Last Modified: 05 Oct 2018 04:18
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11437

Actions (login required)

View Item View Item