Hardiyanti, Mustika (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING BERBANTU MEDIA DAKOTA TERHADAP SIKAP PERCAYA DIRI DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS IV SD. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (182kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (366kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (87kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (465kB) |
Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk melihat adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang berfokus pada model pembelajaran problem posing terhadap sikap percaya diri dan kemampuan pemecahan masalah matematika materi KPK dan FPB. Subjek penelitian adalah 25 siswa kelas IV SD Negeri Brambang penelitian kuantitatif ini menggunakan metode Pre Experimental Design dengan bentuk One-Group Pretest – Posttet, pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampel jenuh yaitu sampel sampel yang diambil dari seluruh anggota populasi yang ada yaitu sejumlah 25 siswa. Analisi data yang digunakan adalah uji coba instrumen, uji data awal dan uji data akhir. Sikap percaya diri melalui model pembelajaran Problem Posing berbantu media dakota berpengaruh positif pada kemampuan pemecahan masalah matematika dengan diperoleh persamaan garis regresi Y=37,708 + 0,514X yang artinya setiap penambahan satu satuan variabel bebas maka akan mengakibatkan naiknya variabel terikat sebesar 0,51 sehingga berpengaruh positif. Kemampuan pemecahan masalah matematika melalui model Problem Posing berbantu media dakota dapat memenuhi KKM. Berdasarkan data diperoleh thitung = 0,039 dan diperoleh ttabel= t(ɑ)(dk=n-1)= t(0,05)(25-1)= 0,750 sehingga hipotesis Ha diterima, artinya rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah matematika lebih dari 65. Kata Kunci : Sikap Percaya Diri, Problem Posing, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 05 Oct 2018 04:18 |
Last Modified: | 05 Oct 2018 04:18 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11433 |
Actions (login required)
View Item |