Aini, Myla Shilkha (2018) PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS CERPEN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CIRC SISWA KELAS V SD N 1 SAWANGAN. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB I.pdf Download (112kB) | Preview |
|
Text
5. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) |
||
Text
6. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) |
||
Text
7. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (300kB) |
||
Text
8. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) |
||
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (297kB) | Preview |
Abstract
Penelitian dilaksanakan supaya meningkatkan motivasi dan prestasi belajar Bahasa Indonesia yang dinilai masih kurang di kelas V SD N 1 Sawangan dengan menggunakan pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) . Penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas, terdiri dari II siklus I siklus dilakukan 2 kali pertemuan dengan subjek kelas V SD N 1 Sawangan tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah 21 siswa, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Peningkatan motivasi dari siklus I yaitu 68% dengan kategori baik, kemudian dilanjutkan dengan siklus II yaitu 96% hal ini menunjukan adanya peningkatan motivasi belajar menjadi sangat baik. Kemudian pada prestasi belajar dimana pada siklus I mencapai 58% lalu dilanjutkan dengan siklus II memperoleh 81% hal ini menunjukan adanya kenaikan siklus I ke siklus II. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan maka disimpulan model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar di kelas V SD N 1 Sawangan. Kata Kunci : motivasi belajar, prestasi belajar, model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 05 Oct 2018 04:21 |
Last Modified: | 05 Oct 2018 04:21 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11373 |
Actions (login required)
View Item |