Norhidayah, Putriana (2018) HUBUNGAN INTENSITAS MENGIKUTI KEGIATAN MENGHAFAL AL QUR’AN DENGAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SD ISLAM CAHAYA ILMU SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI_1.pdf Download (275kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (329kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (647kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (96kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan intensitas mengikuti kegiatan menghafal Al Qur’an dengan kemampuan kognitif anak didik dalam pembelajaran PAI di SD Islam Cahaya Ilmu Semarang. Dengan mengetahui hal tersebut diharapkan sekolah – sekolah Islam dapat lebih menghidupkan dan mengintensifkan kegiatan menghafal Al Qur’an sedini mungkin terhadap anak didik, karena selain melaksanakannya bernilai ibadah juga mempunyai manfaat terhadap kemampuan kognitif anak didik. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan yang mengacu pada salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan kognitif diantaranya ditemukan pada intensitas mengikuti kegiatan menghafal Al Qur’an. Sample uji coba dalam penelitian ini adalah seluruh anak didik kelas 6 SD Islam Cahaya Ilmu Semarang sebanyak 32 orang. Penentuan sample tersebut dilakukan dengan cara purpose sampling yaitu teknik pengambilannya sudah ditentukan pada subjeknya dan mengacu pada pendapat Arikunto yang mana apabila populasinya besar dapat diambil 10-15% nya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan observasi. Angket ini digunakan untuk mengetahui intensitas anak didik dalam mengikuti kegiatan menghafal Al Qur’an, sedangkan observasi digunakan untuk mengetahui kemampuan kognitif anak didik dalam pembelajaran PAI. Analisis data dilakukan secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas anak didik dalam mengikuti kegiatan menghafal Al Qur’an di SD Islam Cahaya Ilmu Semarang menunjukkan kualitas sangat baik, sedangkan kemampuan kognitif anak didik dalam pembelajaran PAI di SD Islam Cahaya Ilmu Semarang menunjukkan kualitas baik. Berdasarkan analisis data yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara intensitas mengikuti kegiatan menghafal Al Qur’an dengan kemampuan kognitif anak didik dalam pembelajaran PAI di SD Islam Cahaya Ilmu Semarang. Dapat diartikan bahwa semakin tinggi intensitas mengikuti kegiatan menghafal Al Qur’an, semakin tinggi pula kemampuan kognitif anak didik dalam pembelajaran PAI. Kata kunci : Hubungan, Intensitas, Menghafal Al Qur’an, Kemampuan kognitif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 03 May 2018 01:45 |
Last Modified: | 03 May 2018 01:45 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10672 |
Actions (login required)
View Item |