Rosalia, Cindy (2018) HUBUNGAN PELAYANAN SYARIAH DALAM BIDANG KEPERAWATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Keperawatan UNISSULA.
|
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (778kB) | Preview |
|
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB I.pdf Download (223kB) | Preview |
|
Text
5. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (363kB) |
||
Text
6. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (371kB) |
||
Text
7. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) |
||
Text
8. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) |
||
Text
9. BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) |
||
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (694kB) | Preview |
Abstract
Latar Belakang: Pelayanan syariah dalam bidang keperawatan adalah pelayanan keperawatan yang dilakukan oleh perawat berdasarkan Al-Quran dan hadist yang meliputi indikator-indikator dari standar pelayanan minimal dan indikator mutu wajib syariah, antara lain membaca Basmalah pada pemberian obat dan tindakan, hijab untuk pasien, pemasangan EKG sesuai gender, mengingatkan waktu sholat, pemasangan DC sesuai gender. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi adakah hubungan antara pelayanan syariah dalam bidang keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien di RSISA Semarang. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Pengumpulan data menggunakan observasi dengan jumlah responden 130 pasien, dan teknik simple randome sampling. Data yang diperoleh diolah menggunakan uji Spearmen. Hasil: Penelitian menunjukkan bahwa pelayanan syariah dalam bidang keperawatan dengan kategori cukup baik terdapat 5,4% responden yang menyatakan tidak puas, 15,4% responden yang menyatakan puas, dan 3,8% responden yang menyatakan sangat puas. Pada pelayanan syariah dalam bidang keperawatan dengan kategori baik terdapat 28,5% responden menyatakan puas, dan 14,6% responden yang menyatakan sangat puas. Sedangkan pada pelayanan syariah dalam bidang keperawatan dengan kategori sangat baik terdapat 19,2% responden menyatakan puas, dan 13,1% responden menyatakan sangat puas. Kesimpulan dan Saran: Terdapat hubungan yang signifikan antara pelayanan syariah dalam bidang keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien di RSISA Semarang dengan nilai p value 0,000 (p value <0,05 dan keeratan hubungan yaitu sedang (0,416) serta arah hubungannya positif. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat memberikan masukan dalam upaya peningkatan pelayanan kesehatan di RS dan perawat untuk memperhatikan pelayanan syariah dalam bidang keperawatan. Kata kunci: Pelayanan syariah dalam bidang keperawatan, kepuasan pasien
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 03 May 2018 01:55 |
Last Modified: | 03 May 2018 01:55 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10527 |
Actions (login required)
View Item |