HUBUNGAN PELAYANAN SYARIAH DALAM BIDANG KEPERAWATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG

Rosalia, Cindy (2018) HUBUNGAN PELAYANAN SYARIAH DALAM BIDANG KEPERAWATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Keperawatan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (778kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (223kB) | Preview
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text
9. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (694kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Pelayanan syariah dalam bidang keperawatan adalah pelayanan keperawatan yang dilakukan oleh perawat berdasarkan Al-Quran dan hadist yang meliputi indikator-indikator dari standar pelayanan minimal dan indikator mutu wajib syariah, antara lain membaca Basmalah pada pemberian obat dan tindakan, hijab untuk pasien, pemasangan EKG sesuai gender, mengingatkan waktu sholat, pemasangan DC sesuai gender. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi adakah hubungan antara pelayanan syariah dalam bidang keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien di RSISA Semarang. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Pengumpulan data menggunakan observasi dengan jumlah responden 130 pasien, dan teknik simple randome sampling. Data yang diperoleh diolah menggunakan uji Spearmen. Hasil: Penelitian menunjukkan bahwa pelayanan syariah dalam bidang keperawatan dengan kategori cukup baik terdapat 5,4% responden yang menyatakan tidak puas, 15,4% responden yang menyatakan puas, dan 3,8% responden yang menyatakan sangat puas. Pada pelayanan syariah dalam bidang keperawatan dengan kategori baik terdapat 28,5% responden menyatakan puas, dan 14,6% responden yang menyatakan sangat puas. Sedangkan pada pelayanan syariah dalam bidang keperawatan dengan kategori sangat baik terdapat 19,2% responden menyatakan puas, dan 13,1% responden menyatakan sangat puas. Kesimpulan dan Saran: Terdapat hubungan yang signifikan antara pelayanan syariah dalam bidang keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien di RSISA Semarang dengan nilai p value 0,000 (p value <0,05 dan keeratan hubungan yaitu sedang (0,416) serta arah hubungannya positif. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat memberikan masukan dalam upaya peningkatan pelayanan kesehatan di RS dan perawat untuk memperhatikan pelayanan syariah dalam bidang keperawatan. Kata kunci: Pelayanan syariah dalam bidang keperawatan, kepuasan pasien

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 03 May 2018 01:55
Last Modified: 03 May 2018 01:55
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10527

Actions (login required)

View Item View Item