Nugroho, Arif Budi (2015) STUDI FENOMENOLOGI ATAS PENGALAMAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI GURU DAN MURID DI SLB NEGERI SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Komunikasi UNISSULA.
|
Text
Cover.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Komunikasi Antar pribadi adalah salah satu metode pendekatan yang dilakukan seorang guru sekolah luar biasa dalam proses belajar mengajar. Namun demikian proses komunikasi antar pribadi guru dengan murid luarbiasa tidak selalu berjalan lancar. Hal ini dikarenakan kelemahan dari masing-masing anak berkebutuhan khusus dalam melakukan proses komunikasi, sehingga masingmasing guru memiliki cara tersendiri untuk melakukan proses komunikasi dengan muridnya. Dalam penelitian ini menggunakan teori interaksi simbolik menggunakan paradigma individu sebagai subjek utama dalam percaturan sosial, meletakkan individu sebagai pelaku aktif dan proaktif. Pada dasarnya teori interaksi simbolik mengetengahkan soal diri sendiri (the self) dengan segala atribut dunia luarnya. Selain menggunakan Teori interaksi simbolik penelitian ini juga menggunakan teori analisis transaksional,teori ini merupakan teori keperibadian dan tingkah laku sosial yang dipakai untuk psikioterapi dan perubahan sosial yang lebih umum, teori analisis transaksional adalah teori yang menghubungkan pada hubungan interaksional. Hubungan transaksional ialah hubungan komunikasi ant�ra seseorang dengan orang lain. Hal yang di analisis dari transaksionameliputi bentuk, cara dan isi dari komunikasi yang berlangsung. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif. Tipe penelitian deskriptif adalah penelitian yang menggambarkan dari kejadian penelitian secara mendetail dan menyeluruh Dalam pengalaman Komunikasi Antar pribadi guru dengan murid SLB Negeri Semarang terlihat bahwa Instensitas Komunikasi berperan sangat penting. Semakin instens seorang guru melakukan pendekatan dengan murid, guru akan semakin mengenal karakter murid. Sehingg, guru lebih bisa memahami kebiasaan murid serta akan memudahkan guru dalam proses penyampaian materi pembelajaran. Pengalaman guru berkomunikasi dengan anak berkebutuhan khusus, juga dipengaruhi oleh pribadi masing-masing guru. Sifat empati, simpati dan memberi dukungan penuh kepada murid sangat berpengaruh terhadap kemajuan murid. Keyword : fenomenologi komunikasi, pengalaman komunikasi guru dan murid SLB, guru dan murid berkebutuhan khusus
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 03 Sep 2015 01:30 |
Last Modified: | 03 Sep 2015 01:30 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/1042 |
Actions (login required)
View Item |