MODEL AGLOMERASI PERKEMBANGAN KAWASAN PENDIDIKAN TINGGI TERHADAP ALIH FUNGSI RUMAH DIKAWASAN TEMBALANG (Studi Kasus: Kelurahan Tembalang, Pedalangan, dan Sumurboto)

FITRIYANTO, FAUZAN (2017) MODEL AGLOMERASI PERKEMBANGAN KAWASAN PENDIDIKAN TINGGI TERHADAP ALIH FUNGSI RUMAH DIKAWASAN TEMBALANG (Studi Kasus: Kelurahan Tembalang, Pedalangan, dan Sumurboto). Undergraduate thesis, Fakultas Teknik UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (980kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (867kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (841kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

pendidikan di Kota Semarang mampu menjadi salah satu pusat pertumbuhan baru yang menumbuhkan kawasan sekitarnya dengan pesat. Kawasan perguruan tinggi Tembalang memiliki peranan yang paling dominan dalam perkembangan kawasan di sekitar, khususnya di wilayah Kelurahan Tembalang, Pedalangan, dan Sumurboto. Peristiwa yang terjadi akibat dari perkembangan pendidikan tinggi yaitu adalah aglomerasi alih fungsi rumah sebagai usaha kos-kosan. Semakin meningkatnya jumlah mahasiswa setiap tahunnya mengakibatkan semakin banyak permintaan kos-kosan. Dalam kurun waktu 2007-2016, perkembangan kawasan pendidikan tinggi Tembalang mempengaruhi pertumbuhan kawasan permukiman dan perkembangan rumah disekitarnya khususnya. Perkembangan tersebut mencakup munculnya kawasan perumahan baru, peningkatan harga lahan, luasan lahan terbangun yang menyebabkan semakin berkurangnya ruang terbuka hijau dan alih fungsi rumah yang menyebabkan peningkatan ekonomi kawasan. Tujuan penelitian mata Kuliah Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui model aglomerasi perkembangan kawasan pendidikan tinggi terhadap alih fungsi rumah di kawasan pendidikan tinggi Tembalang. Untuk mencapai tujuan tersebut maka dilakukan analisis Analisis perkembangan kawasan Pendidikan Tinggi, analisis perkembangan kawasan pendidikan tinggi terhadap alih fungsi rumah dan analisis model aglomerasi. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif. Tahapan yang dilakukan dalam melakukan penulisan ini yaitu melalui tahapan persiapan, tahapan pengumpulan data baik secara primer ataupun sekunder, tahapan pengolahan dan penyajian data, tahap analisis data, dan tahap akhir yaitu tahap penyusunan laporan. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat bahwa model yang terjadi akibat perkembangan perguruan tinggi terhadap alih fungsi rumah yaitu Model Multi Nodal. Model Multi Nodal ini terdiri dari satu pusat dan beberapa sub pusat dan sub-sub pusat yang saling terhubung satu sama lain. Sub-sub pusat selain terhubung langsung dengan sub pusat juga terhubung langsung dengan pusat. Satu pusat ini yaitu Tembalang, karena banyak mahasiswa, kampus, perdagangan dan jasa sehingga berpengaruh terhadap kawasan sekitarnya. Kata kunci : Aglomerasi, Perkembangan Perguruan Tinggi, Alih Fungsi Rumah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi)
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:49
Last Modified: 13 Feb 2018 03:49
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10262

Actions (login required)

View Item View Item